15.8 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Dinilai Sebarkan Data Pribadi ke Publik, Ketua KPU Tapteng Disomasi

Tapteng, MISTAR.ID

Tim Pemenangan Masinton Pasaribu-Mahmud Effendi Lubis melakukan somasi ke KPU Tapanuli Tengah (Tapteng). Pasalnya, lembaga penyelenggara Pemilu itu dinilai telah menyebarluaskan surat PDIP Tapteng yang berisi informasi data pribadi Plt Ketua PDIP Tapteng, Sarma Hutajulu.

“Sebab ada kita lihat di media massa dan media sosial juga, bahwa ada surat dari Plt ketua DPC PDIP Tapteng disampaikan ke KPU sebagai instansi yang berwenang dalam kepemiluan,” kata Timbul Panggabean didampingi kuasa hukum Joko Pranoto Situmeang dalam konferensi pers, Selasa (10/9/24) malam.

Menurut Timbul, surat tersebut memuat informasi data pribadi seperti NIK dan lainnya. Tetapi, ketua KPU Tapteng saat menggelar konferensi pers, menyampaikan data pribadi Plt ketua DPC PDIP Tapteng ke publik.

“Itu tidak boleh, apalagi dilakukan melalui transmisi elektronik, itu menyalahi. Kita somasi dan kita beri kesempatan kepada mereka untuk menanggapi hal itu 2 x 24 jam. Kalau tidak ada tanggapan, kita akan tempuh jalur lain sesuai undang-undang,” katanya.

Baca Juga : Lima Komisioner KPU Tapteng Dilaporkan ke DKPP

Timbul menjelaskan, mengumumkan data pemilih saja pun NIK itu harus disamarkan, karena data pribadi itu tidak boleh diumumkan kalau tidak izin dari yang bersangkutan. Takutnya nanti disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Sebenarnya kita tidak mau berpolemik dengan itu. Tetapi sebagai lembaga, seharusnya KPU tidak menggunakan media sosial dan melakukan konferensi pers untuk menyampaikan pendapat dan klarifikasi, tapi bikinlah secara tertulis,” katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Tapteng Wahid Pasaribu usai diperiksa di Bawaslu Tapteng kepada wartawan menjelaskan, KPU telah Tapteng menerima dua surat dari PDIP, nomor suratnya sama, tujuannya juga sama. Tapi surat yang satu diteken ketua dan sekretaris, Horas dan Ronal, dan surat yang satunya lagi diteken ketua dan sekretaris, Sarma Hutajulu dan Disman Sihombing. (feliks/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles