13.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Lintasan Balap Sepeda di Siantar, Berikut Rute, Jadwal Rekayasa Lalu Lintas dan Penutupan Jalan

Logo PON Aceh-Sumut.(f:ist/mistar)

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Satlantas Polres Pematangsiantar telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas, untuk mensukseskan dan mengamankan jalur lintasan, yang akan digunakan para peserta balap sepeda (Road Bike) PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Adapun rute yang nanti nya akan digunakan peserta balap  di Kota Siantar yakni dari Jalan Medan >> Jalan Ahmad Yani >> Jalan Sutomo >>Jalan Sudirman >> Jalan Gereja >> Jalan D.I Panjaitan >> Jalan Parapat dan berakhir di Perbatasan Siantar dan Simalungun (Masjid Alhadi Simarimbun). Rute yang digunakan para pembalap sepanjang 34 KM.

Dalam skema penutupan jalan, Satlantas akan mengarahkan kendaraan roda empat yang datang dari arah Medan menuju Parapat masuk ke Jalan AMD >> Terminal Tanjung Pinggir >> Jalan Tuan Rondahaim >>Jalan Pendeta Wismar >> Jalan Sisingamangaraja>> Jalan Parapat.

Selanjut nya kendaraan yang datang dari Simpang Koperasi akan diarahkan ke Jalan Masjid >> Jalan Tuan Rondahaim >> Jalan Pdt Wismar Saragih >> Jalan Sisingamangaraja.

Baca juga:Polres Siantar Terapkan Rekayasa Lalin Balap Sepeda PON, Kasat: Ikuti Arahan Personel

Kemudian kendaraan yang datang dari Jalan Medan Simpang Tanjung Pinggir, akan langsung diarahkan masuk ke Jalan Darussalam >> Jalan Rangkuta Sembiring >> Jalan Sisingamangaraja.

Satlantas juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan yang datang dari Jalan Medan melalui Jalan Ahmad Yani menuju Parapat, dimana di daerah ini kendaraan akan diarahkan masuk dari Apil Pahlawan >> Apil S Parman >> Jalan Sangnawaluh >> Jalan Pantoan >> Jalan Pattimura >>  Jalan Pane >> Jalan Melanthon Siregar >> Jalan Bahkora II >> Jalan Parapat.

Selanjutnya kendaraan yang datang melintas di Jalan Sutomo menuju Parapat, akan diarahkan masuk ke Jalan Vihara >> Jalan Pane >> Jalan Pattimura >> Jalan Melanthon Siregar >> Jalan Bahkora II >> Jalan Parapat.

Selain itu, rekayasa lalu lintas juga diterapkan di sekitaran pusat kota, dimana kendaraan yang melintas dari Jalan Gereja akan dialihkan melalui Jalan MH Sitorus >> Jalan Kartini >> Stasiun Kereta Api >> Jalan Bandung Atas, kemudian masuk ke Jalan Merdeka.

Baca juga:Cabor Balap Sepeda PON XXI di Siantar, Polisi Bakal Tutup Jalan Selama 3 Jam

Kemudian ada juga kendaraan yang melintas dari Jalan Gereja akan diarahkan ke Jalan Diponegoro >> Jalan Pane >> Jalan Pattimura >> kemudian ke Jalan Sangnawaluh.

Untuk kendaraan yang melintas di Jalan Adam Malik akan diarahkan ke Jalan Sudirman >> Jalan WR Supratman >> Jalan Bandung Atas >> Jalan Merdeka.

Kepala Satuan Polisi Lalulintas Polres Pematangsiantar AKP Gabriellah Gultom mengatakan, rekayasa lalu lintas tersebut akan diterapkan pada Kamis 12 September 2024  pukul 09:30 WIB – 14:00 WIB.

Selanjut nya pada Jumat 13 September 2024, rekayasa akan diterapkan pada pukul 07:30 WIB – 10:30 WIB.

Dalam pengamanan serta rekayasa ini, Kasat mengatakan telah mempersiapkan personil di setiap titik untuk mengarahkan para pengendara, agar tidak melintasi jalur balap sepeda.

Dia meminta masyarakat mematuhi arahan petugas, agar perhelatan PON di Kota Pematangsiantar berjalan lancar dan sukses.

Baca juga:Jalur Lintasan Cabor Balap Sepeda PON XXI di Siantar Perlu Dibenahi

Kasat pun memperbolehkan masyarakat ikut menyemarakkan PON, dengan menonton langsung kompetisi balap sepeda, namun dengan catatan, tidak mengganggu peserta balap.

“Patuhi arahan petugas, jangan melewati jalur balap sepeda PON. Boleh menonton tapi jangan sampai ke badan jalan, karena berbahaya” Ucap Kasat, Senin (9/9/24).

Kasat juga menghimbau agar Angkutan Umum, baik antar kota dan antar provinsi, dan angkutan berat dapat mengurangi aktivitas nya saat gelaran perlombaan balap sepeda berlangsung.

“Skema rekayasa lalu lintas sudah kita persiapkan secara matang, dan kita mengajak semua pihak ikut bekerjasama mensukseskan PON Aceh-Sumut 2024 ini” Pinta Kasat. (Roland/hm17)

Related Articles

Latest Articles