14.3 C
New York
Thursday, August 22, 2024

Desa Patane I Toba Bangun Irigasi Entaskan Genangan Air

Toba, MISTAR.ID

Warga Dusun III Desa Patane I Kecamatan Porsea Kabupaten Toba mengapresiasi pembangunan irigasi, Bondar Situatua sepanjang 155 meter dari Anggaran Dana Desa (DD) dalam upaya mengantisipasi genangan air di lokasi perumahan warga bila musim hujan tiba.

Seperti disampaikan warga Lumban Situatua Dusun III, Yenti Boru Silaban selalu kuatir saat tiba musim penghujan. Dimana air hujan akan tergenang setinggi betis bila hujan turun sebab tidak ada saluran pembuangan.

“Air yang tergenang tidak langsung kering, genangan bisa bertahan hingga dua minggu yang berdampak menjadi sumber penyakit, berkembangbiaknya nyamuk menyebarkan penyakit malaria,” ujar Yenti, Kamis (22/8/24).

Baca juga : Jaga Ketahanan Pangan, PUTR Dairi Bangun Irigasi Pertanian Senilai Rp 8 M

Menurutnya, yang terdampak langsung dari genangan air tersebut dirinya sebab genangan tersebut tepat di samping rumahnya. Belum lagi saluran pembuangan kamar mandi menjadi tidak lancar karena genangan air hujan, belum menimbulkan bau yang tidak sedap akibat campuran dari air kamar mandi.

Selain dampak dari kondisi ini, ternak ayam yang dipelihara rentan terhadap penyakit karena tanah yang terlalu lembab terlebih dibawah kandang ayam. Sehingga hampir setiap hari anak ayam selalu ada yang mati.

Baca juga : Produktivitas Pertanian Meningkat, Kadis Pertanian Toba: Kami akan Terus Tingkatkan Kinerja

“Namun berkat pembangunan saluran irigasi dari Dana Desa, dengan menggelontorkan anggaran hingga 159 juta lebih. Harapan saya menjadi lebih tinggi mengembangkan ternak ayam untuk menambah keuangan rumah tangga saya,” pungkasnya.

Dia berharap saluran irigasi cepat dirampungkan agar genangan air tidak ada lagi, terlebih saat ini sedang musim penghujan hampir di seluruh Kabupaten Toba. (nimrot/hm18)

Related Articles

Latest Articles