24.9 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

SMKN 5 Medan Akan Gelar Job Fair

Medan, MISTAR.ID

SMKN 5 Medan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) akan menyelenggarakan Job Fair di lingkungan sekolah, Jalan Timor No 36, Sabtu (10/8/24) mendatang.

Kegiatan untuk siswa dan lulusannya SMKN 5 ini bekerja sama dengan sejumlah perusahaan maupun industri.

Kepala SMKN 5 Medan, Hidup Simanjuntak, mengatakan telah banyak siswanya yang bekerja, bahkan sampai ke luar negeri melalui Job Fair yang digelar setiap tahun ini.

“Sekolah kita merupakan pusat keunggulan. Dari Job Fair yang biasa kita laksanakan sudah banyak siswa kita yang bekerja. Bahkan, akan bekerja ke luar negeri,” kata Simanjuntak melalui keterangan tertulis yang diterima mistar.id, Rabu (31/7/24).

Baca juga: Siap-siap, Disnaker Siantar Bakal Gelar Job Fair 2024

Saat ini, lanjut Simanjuntak, 10 siswa SMKN 5 sedang dalam tahap pembelajaran Bahasa Jepang. Para siswa tersebut sedang menjalani persiapan dikirim bekerja ke Jepang pada Desember mendatang.

Tak hanya itu, 2 siswa berprestasi dari jurusan Desain Permodalan Pembangunan juga sedang persiapan mengikuti Lomba Kerja Siswa (LKS) tingkat Nasional di Lampung.

“Kegiatan LKS ini diikuti 5 SMK Negeri dari Kota Medan terdiri dari SMKN 2, SMKN 5, SMKN 9, SMKN 10 dan SMKN 14 dengan berbagai jurusan. Mereka kita didik, bina dan kita fasilitasi untuk bertanding tanggal 18 Agustus mendatang,” rincinya.

Simanjuntak berharap, alumni SMKN 5 Medan bisa direkrut oleh perusahaan maupun industri hingga 75 persen dari jumlah siswa setiap tahunnya. Tingginya jumlah alumni yang diterima perusahaan, mengartikan kualitas pendidikan sudah semakin baik dan para alumni sudah siap bekerja.

“Misalnya siswa yang lulus sebanyak 400 dan diharapkan bisa diterima di dunia kerja hingga 300 siswa. Jadi, 100 siswa lainnya bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bisa juga buka usaha sendiri. Intinya siap pakailah,” harapnya. (susan/hm20)

Related Articles

Latest Articles