16.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Pengaruh Suhu Ekstrim, 85 Titik Panas Terpantau di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Suhu yang cukup tinggi masih terus berlangsung di Sumatera Utara (Sumut). Bahkan, tak jarang suhu mencapai 37-38 derajat yang dianggap sebagai suhu ekstrim.

Untuk hari ini, Jumat (26/7/24), suhu udara di Kota Medan mencapai 37 derajat. Kondisi ini pun sudah masuk kategori suhu ekstrim sesuai dengan amatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Jadi suhu normal itu 33,5 derajat, jika lebih dari itu sudah dikategorikan suhu ekstrem. Yang tertinggi itu terjadi semalam (Kamis), yakni 38 derajat,” terang Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo saat dikonfirmasi Mistar, Jumat (26/7/24).

Baca juga : Berikut Rekam Tren Cuaca Medan Sepanjang 2023

Dijelaskan Prasetyo, dampak dari suhu ekstrim tersebut, saat ini terpantau ada 85 titik panas (hotspot) di Sumut. Ke-85 titik panas ini pun menjadi yang terbanyak sepanjang tahun 2024 sejak Januari-Juli.

“1 titik panas di Humbang Hasundutan, 4 titik panas di Labuhanbatu Selatan, 17 titik panas di Labuhanbatu Utara, 1 titik panas di Tapanuli Selatan, 3 titik panas di Tapanuli Utara, 10 titik panas di Toba, 9 titik panas di Asahan, 31 titik panas di Labuhanbatu, 2 titik panas di Langkat dan 7 titik panas di Samosir,” jelasnya.

Baca juga : Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Badai Guntur di Pegunungan

Dengan berubah-ubahnya cuaca panas, Budi mengaku BMKG sudah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Memang tidak setiap hari suhu ekstrim, namun cuaca terpantau tetap panas. Kondisi ini memang sering terjadi di musim kemarau. Makanya kita imbau masyarakat untuk terus menjaga kesehatan,” pungkasnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles