24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Ada CT-Scan Lebih Canggih dan Unit Transfusi Darah di RSUD Pandan

Tapteng, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng) saat ini sudah memiliki pelayanan CT-Scan salah satu jenis peralatan kesehatan untuk pendiagnose pasien penyakit dalam dan Unit Transfusi Darah (UTD).

Penggunaan kedua alat itu mulai digunakan setelah Penjabat (Pj) Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta meresmikan penggunaan gedung CT-Scan dan UTD di RSUD Pandan, Selasa (16/7/24).

Direktur RSUD Pandan, dr Fadli menjelaskan sejak kehadiran Pj Bupati Sugeng Rianta di Tapteng telah membawa perubahan dan peningkatan di RSUD Pandan tersebut.

Baca juga : Sempat Dirawat di RSUD Pandan Usai Kecelakaan, Aipda Sofian Dirujuk ke Medan

“Sudah banyak peningkatan, termasuk utang di RSUD ini sebelumnya yang mencapai Rp17 miliar dalam waktu kurang lebih empat bulan sudah terbayar sekitar Rp6 miliar,” sebut dr Fadli.

Begitu juga halnya, lanjut Fadli, pengadaan Universal Health Coverage (UHC) yang merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Fadli juga mengatakan sebelumnya alat layanan CT-Scan sudah pernah ada sejak tahun 2004/2005 hanya saja berjalannya waktu fungsinya berkurang.

Related Articles

Latest Articles