27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Dirlantas Polda Sumut Apresiasi Masyarakat yang Viralkan Aksi Tak Tertib di Jalan

Medan, MISTAR.ID

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi masyarakat yang memviralkan berbagai macam aksi pengendara yang tidak tertib dalam berkendara di jalanan.

Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan, video viral yang kerap beredar di sosial media terkait aksi tak tertib pengendara bisa membuat masyarakat malu dengan sikapnya tak yang tidak terpuji.

“Kemarin sempat viral, bagus itu, kita sentuh rasa malunya, dengan tidak melakukan kegiatan di jalan yang merugikan orang lain, ini menjadi gambaran untuk masa PON nanti, kita upayakan lalu lintas yang aman,” ujarnya   saat Rapat Koordinasi Bidang Transportasi PB PON Sumut di Aula Raja Inal, Selasa, (16/7/24).

Baca juga: Dirlantas Polda Sumut Pantau Pos Pam 1 Kota Pinang di Labusel

Muji pun mengatakan Bidang Transportasi PB PON Sumut bersama Dinas Perhubungan Sumut saat ini tengah memanfaatkan forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) di setiap kabupaten kota.

“Satu, kita berdayakan forum lalu lintas dan angkutan jalan, karena forum itu sudah dibentuk di kabupaten kota, khususnya sepuluh kabupaten kota yang nantinya menjadi tuan rumah nantinya,” tuturnya.

“Kenapa begitu, permasalahan lalu lintas harus diselesaikan melalui forum atau media dialog, kita duduk bersama, kita cari solusi mana jalan yang macet dan bermasalah, kemudian masyarakat yang tidak berjualan pada tempatnya, dan terkait perilaku di jalan, itu semua harus dilakukan LLAJ,” sambungnya.

Baca juga: Dirlantas Polda Sumut Sidak Proses Pembuatan SIM di Polres Deli Serdang

Dirinya berharap agar lalu lintas yang tertib dapat menjaga marwah Sumut di mata nasional. “Sehingga nanti saat hari H pelaksanaan PON, wajah kota Medan dan semua kabupaten kota bisa membanggakan Sumatera Utara,” tuturnya

Saat ditanya mengenai adanya potensi kepadatan lalu lintas di ruas Medan-Berastagi seperti beberapa pekan lalu, Muji pun berharap oknum pengendara tidak lagi bersikap tidak tertib di jalanan.

“Itukan kemarin ada pesta rakyat ya, ada pesta buah dan bunga di Berastagi, itu memang kearifan lokal, kegembiraan masyarakat. Tapi ada budaya masyarakat yang juga tidak sabar, mau menerobos, itu harus kita kikis pelan-pelan,” pungkasnya. (iqbal/hm17)

Related Articles

Latest Articles