13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

5 Tips Mencegah Sakit Punggung Selama Bekerja dari Rumah

MISTAR.ID

Sebelum wabah pandemi Covi-19, sekitar 1 dari 6 pekerja Amerika atau sekitar 26 juta bekerja baik sebagian atau penuh waktu dari rumah. Sekarang, jumlah itu telah meningkat secara signifikan karena beberapa negara bagian mengharuskan semua pekerja yang tidak penting untuk tinggal di rumah.

Namun, sebagian besar pengaturan ruang di rumah tidak memiliki ruang untuk mengakomodasi perabot kantor yang ergonomis. Mereka yang bekerja dari rumah kemungkinan menggunakan komputer atau meja biasa atau meja dapur atau di tempat tidur atau kursi.

Kemungkinannya, orang-orang ini pada akhirnya akan memiliki postur yang tidak sehat nantinya. Bahkan setelah pandemi, kerja jarak jauh cenderung tetap menjadi norma bagi banyak pekerja karena perusahaan mengetahui bahwa pekerjaan tertentu tidak memerlukan penampilan fisik karyawan seperti dulu.

Siapa pun yang bekerja dari rumah dapat mengalami nyeri otot yang disebabkan karena menghabiskan banyak waktu bekerja dalam posisi tidak netral, di mana ada bagian tubuh yang bengkok atau bengkok dengan canggung, dan tidak bergerak secara berkala untuk meningkatkan sirkulasi tubuh.

Baca juga: BPJS Kesehatan Perkokoh Ekosistem JKN-KIS

Untuk pekerjaan komputer, Time Magazine telah mewawancarai para pakar ergonomis untuk beberapa tips untuk mencegah sakit punggung.

1. Letakkan layar komputer pada ketinggian tampilan yang nyaman
Letakkan layar komputer pada ketinggian tampilan yang nyaman untuk tidak melihat terlalu rendah pada layar laptop atau komputer. Selain itu, hindari meletakkan layar di sudut di mana Anda akan diminta untuk banyak memutar leher Anda.

Beberapa orang suka meletakkan keyboard mereka di depan mereka dan layar mereka di samping, tetapi mereka akhirnya mengalami sakit leher karena memutar. Anda mungkin harus meletakkan komputer Anda di atas tumpukan buku untuk menaikkannya ke ketinggian tampilan yang nyaman.

2. Letakkan layar komputer di samping jendela yang terang
Untuk meminimalkan ketegangan saraf mata karena terlalu banyak waktu melihat ke layar, jangan bekerja dengan punggung Anda di jendela karena cahaya yang masuk akan menyebabkan silau pada layar. Selain itu, hindari bekerja menghadap jendela karena Anda akan menatap cahaya.

Baca juga: 4 Dokter dan 55 Tenaga Kesehatan Dinyatakan Positif Covid-19 di Sulawesi Tenggara

Layar komputer harus tegak lurus terhadap jendela, dan jika Anda mengerjakan di atas meja kaca, tutuplah untuk menghindari pantulan cahaya.

3. Baca makalah atau dokumen dengan punggung lurus

Hindari membaca dari iPad Anda atau dokumen pada permukaan yang rata, atau kepala Anda harus bergerak ke atas dan ke bawah. Gunakan dudukan dokumen vertikal atau letakkan iPad Anda di dudukan jika Anda perlu membaca bolak-balik antara laptop atau layar komputer.

4. Duduk di kursi Anda

Cobalah untuk tidak duduk tegak dan tidak membungkuk ke depan di kursi Anda. Punggung bawah melengkung ke tubuh ketika Anda melakukan itu. Pastikan untuk duduk kembali di kursi Anda, sehingga sebagian berat tubuh Anda didukung oleh kursi bersandar, dan duduk cukup dekat untuk mencapai keyboard dan mouse Anda.

Jika kursi tidak memiliki penyangga punggung bawah yang baik, Anda dapat menggunakan bantal atau handuk guling sebagai pengganti kursi ergonomis.

5. Batasi bekerja di tempat tidur Anda
Tempat tidur bukan ruang kerja karena kaki Anda akan disilangkan secara horizontal untuk menopang laptop. Itu terlalu rendah untuk tampilan layar yang optimal, jadi Anda harus membungkuk untuk melihat dengan benar.

Tetapi jika tempat tidur adalah satu-satunya pilihan Anda untuk bekerja, letakkan bantal di bawah laptop Anda atau gunakan meja rendah untuk menutupi kaki Anda sehingga Anda dapat bekerja dengan ketinggian yang nyaman tanpa mengalami sakit pada leher.(Science Times/Jul/hm07)

Related Articles

Latest Articles