8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

Pengamat Ekonomi USI: THR Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pengamat Ekonomi dari Universitas Simalungun (USI), Darwin Damanik menilai, THTunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan tahun 2024 ini harus dibayar sepenuhnya. Karena hal itu untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

“THR yang diberikan cukup membantu sesaat saja bagi masyarakat untuk meningkatkan daya belinya dalam menghadapi pemenuhan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini. Karena konsumsi mereka saat ini terbebani dengan lonjakan harga pangan yang luar biasa,” ujarnya kepada mistar.id, Rabu (20/3/24).

Darwin mengatakan, daya beli masyarakat belum bisa pulih dengan masih mahalnya harga kebutuhan pokok dan pangan.

Baca juga:Kemnaker Ingatkan Pengusaha, Telat Bayar THR Didenda 5 Persen

Lanjutnya, pemberian THR baik untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai swasta akan berdampak meningkatkan konsumsi masyarakat atau rumah tangga.

“Akhirnya pertumbuhan ekonomi kita pun ikut tumbuh, target tahun 2024 ini sekitar 5,2%,” imbuhnya.

Tambahnya, apalagi baru di tahun 2024 ini, pemerintah memberikan THR penuh 100 persen kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), pensiunan, TNI dan Polri. Ini setelah 4 tahun hanya memberikan 50 persen saja.

Baca juga:Kemnaker: Ojek Online dan Kurir Logistik Berhak Terima THR 2024

“Saya rasa target pertumbuhan ini akan dapat tercapai bila pemerintah juga sudah bisa menstabilkan harga pangan di pasar,” jelas Darwin. (abdi/hm16)

Related Articles

Latest Articles