22.4 C
New York
Monday, August 5, 2024

Dinkes Sumut Rawat 9 Pasien pada Hari Pertama F1H2O

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah memberikan perawatan kepada sembilan orang di lokasi pergelaran hari pertama Powerboat F1H20.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, satu di antaranya adalah pasien trauma center, sementara delapan lainnya adalah pasien publik medical.

“Pasien trauma center adalah seorang crew dengan dislokasi pergelangan kaki kanan. Telah ditangani dengan melakukan reposisi dan diimobilisasi menggunakan elastic verband, serta diberikan obat untuk mengurangi rasa sakit,” ungkap Alwi dalam keterangan tertulis, Minggu (3/3/24).

Baca juga: Hari Pertama Kejuaraan F1H20, Kunjungan Wisatawan ke Parapat Masih Minim

Ia juga menyebutkan bahwa delapan pasien yang ditangani di area public medical terdiri dari tujuh pasien dengan keluhan ringan dan satu orang mengalami kecelakaan lalu lintas setelah jatuh dari sepeda motor.

“Para pasien tersebut sudah dirujuk dan mendapatkan penanganan di RS HKBP Balige,” tambahnya.

Ia menambahkan alur rujukan pada pergelaran F1H2O mencakup dua skema dengan Trauma Center di Balige, Kabupaten Toba.

Yang pertama adalah Race Venue Accident. Pada skema ini dilakukan stabilisasi dan penanganan – membutuhkan perawatan lanjutan emergency rujukan ke RSUD HKBP Balige atau RSUD Porsea sebelum kembali ke team official

Baca juga: 2 Gol Vinicius Selamatkan Real Madrid dari Kekalahan

Sedangkan skema kedua adalah Race Venue accident. Untuk skema ini dilakukan stabilisasi dan penanganan-emergency berat melalui jalur darat ke helipad basarnas Toba di kantor Bupati Toba.

“Helikopter dari Toba ke Bandar Udara Lanud Soewondo – diterima ambulance untuk dibwa ke RSUP HAM Medan dengan waktu lebih kurang menit atau rujukan terdekat RSU SILOAM hospital / RSU Regina Maris Medan,” jelasnya. (khairul/hm22)

Related Articles

Latest Articles