23.8 C
New York
Friday, July 26, 2024

APBNag Tak Ditampung, Pangulu Sitalasari Paksakan Bangun Jalan

Simalungun, MISTAR.ID

Program pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Nagori Sitalasari, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun disoal karena tidak sesuai dengan program yang sudah tertera di Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagori (APBNag) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Ketua Maujana Nagori Sitalasari, Oktavianus Rumahorbo membenarkan jika program pembangunan yang dimaksud memang tidak masuk dalam APBNag Sitalasari.

Dia juga mengungkapkan, program yang dijalankan pada 11 Januari 2024 itu menelan anggaran sebesar Rp 60 jutaan sudah sempat dihentikan pada hari yang sama dimulainya pekerjaan. Namun kembali dikerjakan lagi pada 13 Januari 2024, padahal penghentian dilakukan sesuai kesepakatan rapat.

Baca juga:Pangulu Diingatkan Himbau Warga Miskin Miliki BPJS Kesehatan

“Sesuai kesepakatan di dalam rapat Maujana Nagori pekerjaan distop, karena tidak ditampung di anggaran Nagori, namun ini kembali lagi dikerjakan. Berarti tidak mengindahkan keputusan rapat,” ucapnya, pada Sabtu (13/1/24) sore.

Oktavianus beranggapan, program tersebut sarat manipulatif. Dimana proyek dinamakan JUT, akan tetapi terletak di lokasi pemakaman. Bahkan proyek tersebut dikatakan Oktavianus sudah di luar wilayah Nagori Sitalasari. Dia mengatakan, seolah-olah Pangulu menyembunyikan sesuatu dengan memaksakan pembangunan jalan tersebut.

“Itu di luar wilayah Sitalasari. Itu kuburan milik 3 Nagori di Perumnas, bukan tanggung jawab Sitalasari, kenapa harus dipaksakan, mungkin ada udang dibalik batu,” tegasnya.

Baca juga:Dipecat Pangulu, Gamot Ajukan Keberatan ke DPMPN Simalungun

Dirinya mengatakan, Maujana yang tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) nya sebagai pengawas di Nagori mengultimatum akan melaporkan pelanggaran tersebut ke Bupati Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) dan Inspektorat serta aparat penegak hukum, jika pekerjaan terus dilanjutkan.

Sementara itu, Pangulu Sitalasari, Rudi Hartono saat dikonfirmasi terkait persoalan tersebut belum dapat memberikan keterangan detail. Rudi mengatakan, dirinya masih ada kegiatan pesta.

“Nanti kita konfirms ya pak, kebetulan saya lagi pesta,” tulisnya melalui pesan WhatsApp (WA), pada Sabtu (13/1/24) sore. (roland/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles