23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Fraksi Golkar Abaikan Instruksi Ketua Partai, Gerindra dan Demokrat Usulkan Pj Bupati Dairi dari Pemprov Sumut

Dairi, MISTAR.ID

Penetapan 3 nama Calon Penjabat (Pj) Bupati Dairi oleh Ketua DPRD Kabupaten Dairi untuk diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia(Kemendagri) dikabarkan penuh keseruan dalam perhelatan pada rapat paripurna internal dewan, yang berlangsung di Gedung DPRD, Jalan Sisingamangaraja Sidikalang, pada Rabu (29/11/23).

Berawal isu keseruan itu beredar di seputaran gedung DPRD, hingga terendus dan tersiar di tengah-tengah masyarakat. Sehingga menjadi topik pembahasan serius bagi banyak masyarakat Kabupaten Dairi. Terutama menyoal sikap masing-masing fraksi dari 7 fraksi DPRD Kabupaten Dairi atas pengusulan nama-nama Calon Pj Bupati yang diusulkan.

Salah satu topik hangat dibahas dari isu tersebut menyangkut surat instruksi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Dairi , Eddy Kelleng Ate Berutu yang salinannya tengah beredar luas. Namun terakhir instruksi itu diabaikan Fraksi Golkar.

Baca juga:Mengisi Jabatan Pj Bupati Dairi, DPRD Diminta Mengusulkan Sosok Arif dan Bijaksana

Dimana Eddy menginstruksikan usulan  atas nama Robot Simanullang yang kini menjabat Kepala Dinas Pertanian Ketahanan  Pangan dan Perikanan. Sementara Fraksi Golkar menetapkan usulan atas nama Leonardus Sihotang diketahui menjabat Staf Ahli Bupati.

Ketua Fraksi Golkar, Depriwanto Sitohang ketika dikonfirmasi soal kebenaran surat instruksi itu memilih tidak berkomentar.

Pembahasan masyarakat semakin seru, akibat ada 2 fraksi mengusulkan bukan warga Kabupaten Dairi atas nama Naslindo Sirait yang merupakan Kadis Koperasi dan UKM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut). Naslindo diusulkan Fraksi Gerindra dan Fraksi Demokrat, sehingga dinilai anggota DPRD kedua fraksi tersebut tidak pro aspirasi masyarakat Kabupaten Dairi.

Baca juga:Sugeng Riyanto Dilantik Sebagai Pj Bupati Tapteng Ketiga

“Sementara saat ini tahun politik dan  menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Tentu  kondisi itu membuat masyarakat Dairi berpikir panjang untuk memilih wakil rakyat dari partai itu,” ujar marga Simbolon salah seorang warga.

Sementara Fraksi Nasdem dan Fraksi Pertaki dikabarkan mengusulkan nama Eddy Banurea yang kini menjabat Kepala Inspektorat Dairi.

Di tempat yang sama, isu yang beredar, yaitu Fraksi Hanura, Golkar dan PDI Perjuangan melaksanakan voting untuk menetapkan nama Leonardus Sihotang. Ini karena masing-masing fraksi mengusulkan satu nama. Fraksi PDI Perjuangan atas nama Robot Simanullang, Fraksi Golkar mengusulkan Leonardus Sihotang dan Fraksi Hanura adalah Jonny Hutasoit. Dan hasil voting menetapkan Leonardus Sihotang.

Buntut OTT Pj Bupati Sorong, KPK Geledah Ruang Kerja Anggota BPK

Ketua DPRD, Sabam Sibarani ketika dihubungi mistar.id usai melaksanakan  rapat paripurna internal dewan membenarkan 3 nama sudah final ditetapkan untuk diusulkan menjadi Pj Bupati Dairi ke Kemendagri di Jakarta, yakni Eddy Banurea, Leonardus Sihotang dan Naslindo Sirait.

Menurutnya, dokumen rekomendasi ketiga nama itu, besok atau Kamis (30/11/23) akan langsung disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD, Bahagia Ginting. (manru/hm16)

Related Articles

Latest Articles