25.1 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Proses Penyematan Gelar Pahlawan Lambat, Diminta Ikut Sertakan Keturunan Rondahaim

Simalungun, MISTAR.ID

Cicit Tuan Rondahaim Generasi ke-4, yang merupakan anak dari pasangan St John Lasim Saragih Garingging dan Jumani Nainggolan bernama Rudi Saragih Garingging meminta agar tim pencari fakta melibatkan keturunan Rondahaim dalam menggali riwayat perjuangan Tuan Rondahaim.

Hal itu dimintanya agar catatan sejarah dari Raja Raya Tuan Rondahaim bisa sesuai dan akurat, agar tidak menjadi perdebatan atau goncangan di masa depan.

Menurutnya, hingga saat ini, tim pencari fakta tidak pernah melibatkan dirinya, yang merupakan keturunan langsung dari Raja Raya Tuan Rondahaim.

Bahkan dikatakannya, ayahnya yang merupakan cucu kandung Tuan Rondahaim baru saja wafat pada 2018 yang lalu.

Baca juga : Tuan Rondahaim Saragih Garingging Layak Sandang Gelar Pahlawan Nasional

“Untuk sejarah, perlawan terhadap belanda, history kepemimpinan bisa kita ceritakan semua, dan didukung fakta-fakta,” ucap Rudi Garingging, Rabu (11/10/23).

Dia mengatakan dari semua sejarah dan history Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih Garingging, sangat layak mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Pengusulan untuk gelar pahlawan nasional bagi Tuan Rondahaim sudah dilakukan Pemda Simalungun sejak tahun 2010 melalui Dinas Sosial, namun sampai hari ini belum terealisasi.

Related Articles

Latest Articles