15.2 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Sistem Simfoni PPA Bisa Diakses Semua Unit Pelayanan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA) diketahui dapat diakses oleh semua unit pelayanan penanganan korban kekerasan perempuan dan anak di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota secara up to date, real time dan akurat.

Pj Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tebing Tinggi, Kamlan Mursyid menyampaikan informasi ini dalam kegiatan pelatihan sistem pencatatan dan pelaporan kasus Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP), Kekerasan Terhadap Anak (KTA), Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), di Cafe Corner Jalan Thamrin Kota Tebing Tinggi, Selasa (22/8/23).

Menurutnya, Simfoni PPA dirancang untuk membuat sistem satu pintu pada data kekerasan anak dan perempuan.

Baca juga: Tahun 2023 Kasus Kekerasan Anak Turun di Sumut

“Komitmen pemerintah melalui Kementerian PPA dengan mengembangkan sistem aplikasi pencatatan dan pelaporan kekerasan perempuan dan anak. Simfoni PPA dapat diakses oleh semua unit pelayanan penanganan korban kekerasan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota untuk menuju satu data, yakni data kekerasan nasional,” ungkap Kamlan.

Dilanjutkannya, kekerasan terhadap perempuan dan anak sering terjadi di lingkungan rumah dan di sekolah.

“Kekerasan yang dihadapi perempuan dan anak bukan hanya berupa kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan psikis, kekerasan seksual dan penelantaran,” tambahnya.

Related Articles

Latest Articles