26.2 C
New York
Monday, September 16, 2024

Sinergitas PLN dan BPN Batubara dalam Penyelamatan Aset Negara, Percepat Sertifikasi 170 ha Aset Tanah BUMN

Pematang siantar, MISTAR.ID

Dengan bekerja sama dengan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batubara, PLN UIP3B Sumatera melalui UPT Pematang Siantar berhasil mengamankan 47 aset milik PLN.

Bahkan, serah terima sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) antara BPN Batu Bara dan PLN telah dilakukan secara langsung dan dihadiri oleh Kepala Kantor BPN Batu Bara, Denny Ardian Lubis, S.SiT., M.H., dan perwakilan PLN, Dr.(c) Sofiandika, S.H., M.H., CPM., CPArb., CML., CPL., Senin (24/7/23).

Dalam sambutannya, Sofiandika menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya terhadap sinergis dan dukungan yang luar biasa dari Kantor Pertanahan BPN Batu Bara dalam melakukan legalisasi serta pengamanan aset Badan Milik Negara (BMN) khususnya milik PLN yang telah beroperasi selama puluhan tahun.

Baca juga : PLN dan BPN Sumut Targetkan 228 Sertifikat untuk Penyelamatan Aset Tanah Negara

“Berkat sinergitas antara PLN dan BPN Batubara, sejumlah 47 aset PLN berhasil diamankan melalui program sertifikasi tanah. Semoga hal ini terus berlanjut kedepannya,” tutur Sofiandika sembari berharap agar seluruh aset-aset PLN yang merupakan objek vital nasional (obvitnas) bagi masyarakat, khususnya masyarakat Batu Bara, dapat disertifikasi seluruhnya.

Sementara, Kepala Kantor BPN Batu Bara, Denny Ardian Lubis, S.SiT.,M.H menyatakan bahwa tower-tower PLN adalah aset negara.

“Sehingga wajib diamankan sesegera mungkin agar tidak tumpang tindih dengan masyarakat atau bermasalah kedepannya,” jelasnya.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk percepatan proses legalisasi sertifikasi aset PLN.

Baca juga : PLN UIP Sumbagut Gelar Collective Action Bersama Mitra di Sumut

Terdapat hampir 170 hektar tanah hamparan sepanjang segment Tebing-Kuala Tanjung dan Kuala Tanjung-Kisaran yang berpotensi Clean and Clear.

PLN dengan Narahubung Yahya Dwibrata K dan Manajer Komunikasi serta TJSL PLN UIP3B Sumatera telepon (0761) 6700011 dan BPN Batu Bara berkomitmen untuk terus melakukan percepatan guna menyelesaikan penerbitan sertifikat tahun ini hingga tahun 2024 Mengingat jumlah hamparan yang sangat luas tersebut (rel/hm19)

Related Articles

Latest Articles