6.2 C
New York
Tuesday, January 31, 2023

Pematangan Lahan Dikebut, Kantor Bupati Batu Bara Mulai Dibangun 2023

Batu Bara, MISTAR.ID

Pengerjaan pematangan lokasi pembangunan perkantoran Pemkab Batu Bara yang sempat stagnan kembali dikebut pasca bergantinya Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Batu Bara.

Sejak 10 Oktober 2023, Bresman Simangunsong dilantik sebagai Plt Kadis PUTR Kabupaten Batu Bara, dirinya langsung mengevaluasi pekerjaan pematangan lahan di Jalinsum sebelah rel KA dan langsung mengkebut pengerjaan. Dikonfirmasi di lokasi pengerjaan, Bresman terus terang menyebutkan Kantor Bupati Batu Bara dipastikan segera dibangun.

“Yang dibangun Kantor Bupati 2 lantai ukuran 21×100 menghadap ke jalan nasional dengan anggaran Rp. 54 miliar berdiri diatas lahan 100×300 m (3 Ha). Juga dibangun Pendopo (aula), manasik dan jalan disisi rel KA. Sedangkan di depan kantor Bupati akan dibuat tempat parkir, taman dan resapan air,” beber Bresman Selasa (6/12/22).

Baca juga: Sebelum Ada Perda, FPG Tak Setuju Pembangunan Kantor Bupati Batu Bara secara Multi Years

Terkait pembangunan kantor Bupati, menurut Bresman direncanakan Desember 2022 ini proses lelang dilaksanakan sehingga pengerjaan dapat dilaksanakan mulai Februari 2023.

“Saat ini kita kebut pematangan lahan sehingga saat mulai pembangunan kantor Bupati lahan sudah matang”, jelasnya.

Ditanya jalan masuk utama ke kantor Bupati, Bresman mengatakan telah mengusulkan kepada Bupati Zahir agar melalui jalan lingkar di sisi rel KA. Nantinya jalan ini dibuat 2 jalur dengan pembatas jalan dibagian tengah.

“Jalan masuk utama kita rencanakan dari jalan lingkar di sisi rel KA agar tidak mengganggu lalu lintas di jalan nasional (Jalinsum),” imbuhnya.

Ditambahkan Bresman, kedepan Pemkab Batu Bara akan menyurati Kementerian PUPR agar melakukan pelebaran jalan nasional mulai dari batas Kelurahan Lima Puluh Kota di Banyuwangi water park hingga lokasi perkantoran. Konsepnya 2 jalur dan di tengah dibuat pembatas jalan dengan total lebar setidaknya 22 m.

Baca juga: Kantor Bupati Batu Bara Dibangun Tahun Ini

“Sudah ada konsep pelebaran sebelumnya jadi untuk langkah awal kita lakukan perkerasan di depan lokasi perkantoran. Kita juga akan minta PLN memindahkan tiang listrik ke seberang jalan,” terangnya.

Selain itu diungkapkan Bresman, guna pembangunan sarana berikutnya seperti GOR dan OPD serta Kejaksaan dan Pengadilan Negeri akan dilakukan lagi pematangan lahan di belakang kantor bupati sekarang. (ebson/hm09)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,690FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles