10.7 C
New York
Friday, April 26, 2024

Toba Raih Juara I Umum di Sirkuit Karate Gokasi Zona 3 Sumut

Toba, MISTAR.ID

Kabupaten Toba berhasil menjadi juara I umum pada Sirkuit Karate Gokasi Zona 3 Sumut yang digelar, Sabtu 30 April 2022, bertempat di Gedung Balai Desa Simare Kecamatan Borbor Kabupaten Toba.

“Kejuaraan Sirkuit Gokasi Zona 3 Sumut ini diikuti 87 karateka yang berasal dari Kabupaten Toba, Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Utara,” terang Lenni Hutapea selaku ketua panitia saat dikonfirmasi, Senin (2/5/22).

Pelaksanaan sirkuit ini sebagai ajang seleksi dan pembinaan serta peningkatan mental, sekaligus mencari bibit atlit yang terbaik untuk mengikuti berbagai even selanjutnya di tingkat daerah, provinsi hingga ke tingkat nasional.

Sirkuit dibuka langsung Ketua Umum Forki Toba Tonny M Simanjuntak yang juga Wakil Bupati Toba. Dalam sambutannya, dia berharap, melalui pelaksanaan sirkuit seperti ini nantinya akan lahir atlit-atlit karate muda sebagai bibit yang mampu berkiprah pada ajang kejuaraan yang lebih tinggi ke depannya.

Baca Juga:5 Atlet Inkanas Siantar Sabet Emas, Perunggu dan Perak di Open Turnamen Karate Tanjung Pinang

“Oleh karenanya, bertandinglah dengan jiwa dan semangat sportifitas dengan mengedepankan semangat Bushido Karate yang tertuang di dalam janji dan sumpah sebagai atlit karate. Untuk atlit pemenang, saya sampaikan selamat dan sukses,” katanya.

“Demikian bagi atlit yang kalah, tetaplah semangat untuk berlatih dalam menggapai keberhasilan di kemudian hari. Sebab pemenang dalam sebuah pertandingan tidak perlu dibanggakan berlebihan, dan jika kalah pun bukan berarti menjadi arang,” sebut Tonny M Simanjuntak lagi.

Dalam pertandingan di 11 pol kelompok yang dipertandingkan pada Sirkuit Karate Gokasi Zona 3 Sumut, Kabupaten Toba berhasil meraih juara I umum dengan perolehan 14 medali emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Baca Juga:Program Go To School di Batu Bara Diharapkan Munculkan Atlet Karate

Disusul, Kabupaten Tapanuli Utara yang meraih 1 emas, 5 perak dan 14 perunggu. Sedangkan, Gokasi Humbahas nihil meraih medali.

Pertandingn Sirkuit Karate Gokasi Zona 3 Sumut dipimpin oleh Sensei Parlindungan Sitinjak yang juga merupakan Wasit Nasional dari Forki Sumut.

Selanjutnya, penutupan kegiatan sirkuit dipimpin langsung Ketua Harian Forki Toba Marimbun Marpaung.

Marimbun Marpaung memaparkan, bahwa setelah sirkuit ini berakhir, di tahun 2022 ini Forki Toba akan menyelenggarakan 2 kejuaraan karate di dua aliran yang di komandoi Forki yakni, aliran noncontact dan aliran full body contact untuk tingkat pelajar SD, SMP dan SMA/SMK yang memperebutkan Piala Bupati Kabupaten Toba.

Baca Juga:Ketua KONI Medan Minta Atlet Karateka Pertahankan Prestasi

Kejuaraan itu direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2022 ini, yakni Kejuaraan Karate Forki Toba Piala Bupati Toba Cup-1 Tahun 2022 (noncontact).

“Dan di bulan Juli 2022 mendatang, akan menggelar Kejuaraan Forki Karate Full Body Contact Piala Bupati Toba Cup-1 Tahun 2022,” papar Marimbun pada penutupan sirkuit tersebut.

Turut hadir, Penasehat DPD Gokasi Sumut Pariang Tampubolon, anggota DPRD Kabupaten Toba Parasian Tampubolon sekaligus sebagai pengurus DPD Gokasi Provinsi Sumut, Kepala Desa Simare Naek Hutapea, Ketua Karang Taruna Desa Simare Rikki Hutapea, Sekretaris DPC Gokasi Kabupaten Toba Salam Hutapea, dan Pelatih Gokasi DPC Taput Mangarahon Silitonga.(james/hm10)

Related Articles

Latest Articles