9.4 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Disdik Batu Bara Bimtek Dana BOS dan Program Sekolah Penggerak di Parapat

Parapat, MISTAR.ID

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Berbasis Teknologi dan Informasi Juga dirangkai dengan percepatan penyelesaikan program sekolah penggerak bagi sekolah yang belum menyelesaikannya.

Percepatan penyelesaian program sekolah penggerak langsung dibekali Tim LPMP Sumatera Utara, Fredi, Faidal dan tim  yang hadir ke lokasi kegiatan di Parapat.

Kegiatan Percepatan penyelesaian program sekolah penggerak juga dihadiri dan diikuti Tim GTK Pusat, Dzaky serta Tim Dari PT. Katalis yang sudah membimbing UPTD sekolah kami dengan cara belanja metose SipLah  saya ucapkan terimakasih.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat menutup Bimbingan Teknis Pengelolaan BOS Berbasis Teknologi dan Informasi bertempat di Mes T. Rizal Nurdin, Hotel Pora-Pora Parapat, Kabupaten Simalungun, Jumat (26/2/21).

Baca Juga: Kadisdik Batu Bara: Manfaatkan BOP untuk Menumbuhkan Kreatifitas Guru dan Anak

Masih menurut Ilyas, Bimtek Pengelolaan BOS dapat dilaksanakan berkat bantuan Bupati Batu Bara yang telah menyisihkan sebagian anggaran untuk membantu sekolah terkait penerimaan dan pemanfaatan dana BOS berbasis aplikasi.

“Ke depan Penggunaan dan pemanfaatan dana BOS di Batu Bara akan cepat dan tepat dalam hal pelaporan karena setiap terjadi transaksi langsung terhubung ke sistem aplikasi yang sebelumnya ada sekolah yang melakukan transaksi hari ini tetapi pencatatannya bisa dilakukan setelahnya bahkan sampai menjelang dana BOS tahap selanjutnya akan diterima. Kalau dengan sistem aplikasi yang dibangun ini tidak demikian,” terang Ilyas.

Ilyas juga berharap sebaik apapun sebuah sistem kalau tidak dikerjakan sesuai ketentuan akan sia sia. oleh karenanya Ilyas menekankan perlu taat azas dan taat aturan dari pengelola dana BOS di sekolah agar aplikasi ini manfaatnya bisa di dapat sekolah dan instansi yang membutuhkan.

Terkait Program Sekolah Penggerak, Ilyas kembali menegaskan, bahwa Pprogram sekolah penggerak ini merupakan upaya meningkatkan akses dan kualitas pembelajaran bagi semua anak.

Baca Juga: Kadisdik Batu Bara: Diklat In Cervise Training 1 Membangun Komitmen Calon Kepsek Menuju 8 SNP

“Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi literasi,  numerasi dan karakter,” terang Ncekli sapaan akrab Kadisdik Batu Bara, Ilyas.

“Banyak manfaat yang kita peroleh dari progran ini, selain untuk sekolah juga untuk pemerintah daerah.  Untuk sekokah diantaranya meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu tiga tahun ajaran,” sambung Ilyas.

Seperti meningkatnya kompetensi kepala sekolah dan guru, percepatan digitalisasi sekolah, kesempatan umtuk  menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain, percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila, mendapatkan pendampingan intensif untuk  transformasi satuan pendidikan, dan memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran kompetensi holistik.

Sedangkan manfaat untuk pemerintah daerah yaitu, meningkatkan kompetensi SDM satuan pendidikan, membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, efek multiplier dari sekolah penggerak ke sekolah lainnya, mempercepat peningkatan mutu pendidikan di daerah, peluang mendapatkan penghargaan sebagai daerah penggerak pendidikan dan menjadi daerah rujukan praktik baik dalam pengembangan sekolah penggerak.

Baca Juga: Gubsu Bantu Peralatan Pencegah Covid untuk Sekolah di Batu Bara

Ketua MKKS SMP Tobok Situmorang menambahkan, bahwa kegiatan Bintek Pengelolaan Dana BOS Berbasis Teknologi dan Informasi untuk memberikan penguatan tambahan bagi kepala sekolah dan operator sekolah, juga untuk mempererat silaturahmi melalui kebersamaan dengan berbagai kegiatan selingan yaitu senam pagi bersama dirangkai dengan permainan game di lapangan terbuka di tepian Danau Toba.

Usai kegiatan, sambung Tobok, dilanjutkan menikmati alam ciptaan Tuhan yang bernama Danau Toba, dan MKKS juga telah menyiapkan alkisah cerita batu gantung sampai ke Tomok yang kesemua itu menambah rasa kekeluargaan sesama Dinas Pendidikan, kepala sekolah dan operator sekolah jenjang UPTD SMP Negeri Swasta se Kabupaten Batu Bara.

Tobok juga mengatakan kegiatan Bimtek selain memperkuat tim sekolah untuk memastikan kemampuan tim dalam merencanakan BOS dengan ARKAS dengan baik, dengan Aplikasi Simpel BOS Batu Bara, sehingga diharapkan sekolah tidak lagi mengalami kendala dalam hal pelaporan BOS.

“Oleh karena kami mengucapkan terimakasih buat Bupati kebanggaan kami Pak Zahir yang telah ikut membantu untul meringankan tugas kami dalam pelaporan pemanfaan dana BOS,” tambah Tobok.

Masih menurut Tobok PT. KATALIS DATESA PRIMA juga ikut menambah wawasan peserta khususnya memberikan  bimbingan dalam pemesanan belanja dengan SIPLah yang disampaikan Rodiana Simbolon, begitu juga dengan kehadiran Tim LPMP Sumatera Utara yang menambah semangat kepala sekolah dalam hal penyelesaian pendaftaran Sekolah Penggerak yang menjadi Ssalah satu bagian ‘Merdeka Belajar’ menuju profil pelajar pancasila.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan sejak Kamis Pagi (25/2/21) pukul 09.30  Wib hingga Jumat (26/2/21)  siang, dihadiri, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, Sekretaris Darwinson Tumanggor, Kabid Dikdas Basrah, Kabid GTK Ruslan dan kepala seksi di lingkungan Bidang Persekolahan serta kepala sekolah dan operator UPTD SMP Negeri.(ril/karmel/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles