Wednesday, April 16, 2025
home_banner_first
SIANTAR

Permudah Akses Layanan, BPJS Kesehatan Buka Stand Hadirkan AMAN JKN

journalist-avatar-top
Selasa, 27 Februari 2024 13.33
permudah_akses_layanan_bpjs_kesehatan_buka_stand_hadirkan_aman_jkn

permudah akses layanan bpjs kesehatan buka stand hadirkan aman jkn

news_banner

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Kota Pematangsiantar ambil bagian dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pematangsiantar Tahun 2025.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Horison Jalan Raya Medan No 88 Kota Pematangsiantar, Selasa (27/2/24) itu, BPJS Kesehatan membuka stand untuk pelayanan secara langsung kepada masyarakat.

Kepala BPJS Cabang Pematangsiantar, Kiki Christmar Marbun melalui Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan, Maulina Hutajulu mengatakan dengan adanya stand ini, BPJS kesehatan bisa lebih mendekatkan diri serta memudahkan peserta dan masyarakat luas dalam mengakses layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Berbagai inovasi pelayanan terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya adalah dengan menghadirkan Anjungan Mandiri (AMAN) JKN dimana peserta dapat mengakses layanannya sendiri. Seperti status kartu dan tagihan oleh peserta JKN, atau pindah faskes, dan lainnya,” ujar Maulina.

Baca Juga : BPJS Kesehatan jadi Salah Satu Syarat Urus SKCK

Maulian mengatakan, apabila peserta sudah terlanjur datang ke kantor BPJS Kesehatan, tetapi hanya ingin mengecek status peserta atau hanya cek berapa tagihan iurannya, tidak perlu antre di loket kantor BPJS Kesehatan, tapi bisa langsung melakukan pengecekan menggunakan Anjungan Mandiri JKN yang sudah disediakan.

Dengan adanya anjungan ini, peserta tidak perlu ke loket lagi. Peserta bisa lebih cepat, tidak harus antre, tidak harus menunggu nomor antrean, tidak harus duduk, tinggal pencet seperti di ATM, peserta JKN sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

“Sejak kemarin, masyarakat yang datang ke stand kami lumayan banyak dan sangat antusias. Peserta JKN mendapatkan kemudahan dan semakin praktis dalam akses pelayanan administrasi program JKN. Sebab kami turut membawa Anjungan Mandiri (AMAN) JKN. Jadi, tidak perlu antri lama,” jelasnya.

REPORTER: