Pematang Siantar, MISTAR.ID
Kondisi plafon atau langit-langit atap gedung di Lantai II Gedung II, Pasar Horas Kota Pematang Siantar memprihatikan. Dimana plafon tersebut rapuh dan mulai jatuh ke bawah.
Dari amatan mistar.id, bagian plafon gedung tempat pedagang berjualan sudah mulai rapuh termakan usia dan mulai runtuh berakibat jatuhnya material semen yang menimpa kios pedagang ulos dan sepatu. Beberapa pedagang mengakui telah melaporkan kejadian ini kepada pihak pengelola Pasar Horas.
“Sudah kami laporkan ke Dinas Pasar Horas beberapa bulan yang lalu tapi belum ada tindak lanjut,” ujar Damanik salah seorang pedagang yang berlokasi di Gedung II Pasar Horas.
Baca juga:Bolmen Silalahi Terpilih Jadi Dirut Pasar Horas Jaya Siantar
Direktur Utama Pasar Horas Bolmen Silalahi yang ditemui pun mengatakan, pihaknya akan mengambil dan menindak lanjuti menemui pedagang kita berdiskusi tentang plafon yang rapuh dan material mulai berjatuhan.
“Seperti yang kita dengar hari ini ya, dan saya berterima kasih atas informasi yang kita terima hari ini. Saat itu juga kita mengambil dan menindak lanjuti menemui pedagang kita berdiskusi tentang plapon yang rusak,” ujar Bolmen ditemui, Senin (27/2/23).
“Kita cari solusi bersama, kita paham bahwa gedung ini memang sudah lebih dari 32 tahun. Artinya lama-lama kekuatannya berkurang, yang terutama kita perhatikan dan supaya ke depannya tidak terjadi resiko ada yang cedera karema material yang sudah lapuk jatuh ke bawah. Itu yang kita khawatirkan,” ujarnya lagi.
Lanjutnya kembali, dengan rapuhnya plafon tersebut dan lantas kesepakatan dengan pedagang besok sudah mulai menindak lanjuti dengan menyingkirkan yang di plafon material-material yang kemungkinan bisa jatuh.
Dijelaskan Bolmen Silalahi kembali, material yang jatuh material yang kecil seperti pasir atau semen. Untuk yang besar dipastikankan pihaknya tidak boleh jatuh.
“Kita akan monitor terus dan sudah membentuk tim untuk ini demi menyangkut keselamatan. Itu sebenarnya, saran dari pedagang. Nah kedepannya jangka panjangnya, tentunya untuk memperbaiki perlu anggaran. Kami nanti akan coba konsultasi dengan pemerintah untuk mencari solusi jangka panjangnya,” pungkasnya.
Baca juga:Pembunuh Wanita Dibelakang Pasar Horas Divonis 11 Tahun Penjara
Selain itu juga, Bolmen Silalahi katakan dan pihaknya saat ini sudah membuat pos-pos pelayanan di tangga utama Pasar Horas. Pos pelayanan bertujuan demi kenyamanan para pengunjung pasar.
“Kita sudah membuat pos pelayanan untuk kenyamanan pengunjung. Jadi pengunjung nantinya bisa mengadu ke Pos Pelayanan tersebut, seperti ada tadi anak sekolah kehilangan HP dan melapor ke Pos Pelayanan,” ujarnya lagi. (hamzah/hm06).