9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Tawaran Indonesia untuk Menjadi Tuan Rumah SOWG 2027 Disambut Baik Menpora

Jakarta, MISTAR.ID

Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, menyambut baik proposal dari Special Olympics International (SOI), yang memungkinkan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Special Olympics (SOWG) pada tahun 2027.

Di Berlin, Rabu waktu setempat, Chief Operating Officer SOI Lou Lauria menyampaikan tawaran tersebut kepada Menpora yang hadir saat menghadiri pertemuan bersama Ketua Umum PP SOIna Warsito Ellwein.

Menpora Dito langsung menyambut baik proposal itu. Setelah Special Oympics World Games (SOWSG) 2023 di Berlin, yang akan ditutup pada 25 Juni, akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Pihak International Special Olympics berharap dapat melanjutkan diskusi itu selekasnya.

Baca juga : Jokowi Targetkan Panjat Tebing Raih Emas Olimpiade 2024

Menurut laman resmi Kemenpora RI, Menpora menyatakan, “Ya kami baru saja bertemu dengan Chief Operating Officer bersama Presiden Special Olympics Asia Pacific Region.”

Menpora menyatakan bahwa penelitian SOI tentang kemajuan inklusivitas di Indonesia menentukan penawaran tersebut. Selain itu, faktor tambahan adalah kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai acara olahraga, seperti SEA Games dan ASEAN Para Games. Oleh karena itu, SOI mengirimkan undangan resmi kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah SOWG 2027.

Menpora menyatakan bahwa Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah setelah Jerman karena Indonesia dianggap sebagai negara yang berkembang dan ikonik.

Indonesia dianggap mewakili Asia-Pasifik setelah Eropa. Disebutkan juga bahwa persyaratan yang berkaitan dengan fasilitas penyelenggaraan di Indonesia telah memenuhi. Menpora menyatakan bahwa Indonesia telah menyelenggarakan acara besar ini di vanue berstandar Olimpiade beberapa kali.

Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwien menyatakan bahwa pembahasan itu sangat lancar dan SOI memberikan bukti keberhasilan Indonesia segera.

Warsito menyatakan bahwa ini merupakan awal pembicaraan resmi yang baik dan menunjukkan bahwa SOI sudah percaya dengan bukti keberhasilan Indonesia mengadakan pesta olahraga multievent internasional.

Indonesia telah mengikuti Olimpiade Spesifik Dunia sembilan kali. Yang pertama adalah di Minesota, Meneapolis, AS, pada tahun 1991.

Keinginan untuk menjadi tuan rumah sebelumnya telah disampaikan beberapa kali.

Warsito menyatakan, “Semula kami berharap untuk penyelenggaraan pada 2031, tapi SOI malah menawarkan kesempatan yang lebih cepat, tentu ini bagus sekali.” (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles