16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Rosa Malau, Atlet Wushu Asal Samosir yang Mendunia

Medan, MISTAR.ID

Atlet Wushu yang berasal dari Samosir, Rosa Malau mengharumkan nama Indonesia di Ajang Wushu Dunia. Terakhir dirinya berprestasi pada ajang 16th World Wushu Championship 2023 di Dallas, USA yang diselenggarakan oleh Federasi Wushu Internasional (IWUF).

Dalam Kejuaraan tersebut gadis bernama lengkap Rosa Beatrice Malau itu berhasil menyabet Medali Perunggu usai melawan 1.500 peserta dari 80 negara.

“Di SMP saya tidak ada ekstrakurikuler wushu. Yang mengenalkan saya dengan seni bela diri wushu adalah kakak senior saya di perguruan kungfu. Terus beliau mengajak saya latihan dan ikut bertanding, soalnya ada kelas wushu yang kosong pada saat itu,” ujar Rosa kepada mistar.id, Rabu (06/12/23) malam.

Gadis yang baru menginjak usia 19 tahun itu mengatakan Wushu merupakan beladiri yang sudah melekat pada dirinya.

Baca juga: Atlet Wushu Siantar Raih 12 Medali di Kejurda Sumut

“Semenjak pertandingan pertama, saya memiliki motivasi akan berkembang di wushu, dan didukung juga oleh kedua orang tua, pelatih, bahkan saudara-saudara saya. Syukurnya peminat wushu di Indonesia lambat laun sudah semakin banyak,” tambahnya.

Selain itu, Rosa Malau juga sempat meraih prestasi  di Sea Games 2023 yang digelar di Kamboja. Atas prestasinya di pesta olahraga akbar Asia Tenggara tersebut dirinya bisa mewakili Indonesia di Kejuaraan dunia.

“Saya bisa mewakili Indonesia di kejuaraan dunia, karena di SEA Games Kamboja saya mendapatkan peringkat 1 dan itu masih dipertahankan untuk mengikuti kejuaraan dunia,” tuturnya.

Dirinya juga mengajak seluruh anak muda agar bisa mendulang prestasi sebanyak mungkin.

Baca juga: Kejurda Wushu Sanda Sumut 2023 di Tebing Tinggi Resmi Dibuka

“Untuk anak muda, ayo berani mencoba dan lebih giat berlatih. Kalau pelatih kita marah di tempat latihan, toh, itu yang terbaik buat kita bukan? Semoga juga dalam hal ini teman-teman yang mau menjadi atlet dimudahkan oleh pemerintah dan difasilitasi alat-alat serta suplemennya,” pungkasnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles