16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Penantian 71 Tahun Jadi Tuan Rumah PON, Sumut Susun Persiapan Matang

Medan, MISTAR.ID

Provinsi Sumatera Utara (Sumut), terpilih menjadi tuan rumah dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan dimulai pada September 2024 mendatang. Setelah penantian selama 71 tahun, sejumlah persiapan pun dilakukan untuk menyambut event olahraga akbar nasional ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari pembangunan venue berupa stadion serta pembinaan atlet.

“Setelah 1953, Sumatera Utara belum pernah menjadi tuan rumah. Berarti lama kita menunggu 71 tahun yang lalu, baru dilaksanakan PON di Sumatera Utara,” kata Baharuddinkepada wartawan di Hotel Madani Kota Medan, Jumat (22/12/23) siang.

Baca Juga: Tuan Rumah PON XXI, Sumut Berpotensi Raih Rekor Nasional

Ia mengungkapkan, setelah penantian yang sangat panjang, event empat tahunan ini harus bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara.

“Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Sumatera Utara,” sambung Baharuddin.

Baharuddin menjelaskan, kesempatan ini harus dijadikan untuk membuktikan bahwa Sumatera Utara mampu melaksanakan event olahraga tingkat nasional.

Berbagai persiapan pun diakuinya telah dilakukan, mulai dari pembangunan sarana dan prasarana untuk cabang olahraga yang dipertandingkan di Sumatera Utara.

Ia menjelaskan, ada 34 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingan di Sumatera Utara, sedangkan 33 cabor di Provinsi Aceh.

Related Articles

Latest Articles