23.2 C
New York
Wednesday, June 19, 2024

Pemenang Kejuaraan Karate Pelajar Piala Wali Kota Siantar 2024 akan Ikuti POP Sumut

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani memimpin pertandingan pembuka Kejuaraan Karate Pelajar Perebutkan Piala Wali Kota Tahun 2024, di Ruang Serbaguna Pemko setempat, pada Jumat (14/6/24).

Pertandingan yang juga seleksi Pekan Olahraga Pelajar (POP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu berlangsung selama 2 hari, hingga Sabtu (15/6/24) di Ruang Serbaguna dan Ruang Data Pemko Pematangsiantar.

Susanti dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengaku bangga, karena cabang olahraga karate di Kota Pematangsiantar mulai bangkit. Di mana sudah mulai dilakukan pengembangan dan pembinaan terhadap bibit-bibit atlet.

Baca juga:Wasit ‘Dadakan’ Diduga Curang, Pertandingan Karate O2SN Deli Serdang Ricuh

Pemko Pematangsiantar katanya, memfasilitasi lokasi pertandingan di komplek Balai Kota. Namun diharapkan tahun depan Kota Pematangsiantar sudah memiliki gedung olahraga di GOR Jalan Merdeka.

“Di lantai paling atas ada tempat untuk melaksanakan kegiatan olahraga,” ujar Susanti.

Selain mencari bibit atlet, lanjut Susanti, pertandingan tersebut juga bermanfaat untuk silaturahmi antar atlet hingga pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

Baca juga:Atlet Karate Asal Nias Raih Emas di Kejurnas PPLP/D

“Diharapkan bisa memunculkan atlet yang nantinya membawa nama besar Kota Pematangsiantar,” katanya.

Susanti juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk para pembina karate. “Semoga setiap tahun kita dapat laksanakan kegiatan ini,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Muhammad Hamam Sholeh dalam laporannya menyampaikan,  tujuan kegiatan tersebut yakni meningkatkan minat dan bakat olahraga pada masyarakat khususnya pelajar di Kota Pematangsiantar.

Baca juga:Personel Polsek Kampung Rakyat Pimpin Kegiatan Naik Sabuk Karate Inkado Labusel dan Labuhanbatu

“Termasuk mengembangkan kegiatan karate, mencari bibit potensial, meningkatkan kesehatan dan kebugaran serta meningkatkan prestasi di bidang olahraga,” paparnya.

Para peserta, kata Sholeh, berasal dari sekolah negeri dan swasta di Kota Pematangsiantar, serta didampingi pelatih karate dari masing-masing dojo.

Sholeh menambahkan, para pemenang dari setiap kelas yang dipertandingkan akan diberangkatkan ke POP Sumut. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles