28 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Menpora Inginkan KONI Pusat Lebih Inovatif Selenggarakan Pekan Olahraga

Jakarta, MISTAR.ID

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat diharapkan kedepannya lebih inovatif untuk menyelenggarakan pekan olahraga.

Harapan itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, setelah menghadiri pelantikan pengurus KONI Pusat Tahun 2023-2027 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, pada Selasa (1/8/23).

“Saya inginkan bukan hanya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang 4 tahunan. Mungkin dapat dibuat turunannya ada yang 1 tahunan, 2 tahunan,” sebutnya.

Baca juga: Kemenpora: Kerjasama Dengan ASEAN Penting Meningkatkan Prestasi Olahraga

Dikatakan Dito, pengembangannya itu nanti bisa seperti pekan olahraga beladiri, pekan olahraga pantai hingga pekan olahraga remaja.

Menpora juga menyampaikan pesan khusus Presiden Joko Widodo yang menginginkan event antar remaja dan pekan olahraga siswa digabung menjadi satu event olahraga.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu menuturkan, akan mencoba duduk bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan para pengurus KONI yang baru, sehingga mengeluarkan lagi ide-ide inovatif terkait pekan olahraga itu.

Baca juga: Songsong PON 2024, KONI Medan Matangkan Persiapan Porkot September 2023

“Adanya event bertahap dari umur remaja bakal membuat efek domino dalam penjaringan atlet-atlet yang merata di Indonesia. Juga sejumlah sektor lainnya, termasuk dengan sport tourism,” ungkapnya.

Dirinya juga mengapresiasi tindakan KONI Pusat sudah menjalin kemitraan dengan universitas-universitas di luar negeri dalam pengembangan sport science di Indonesia.

“Itu adalah langkah bagus dalam meningkatkan kualitas olahraga melalui Sumber Daya Manusia (SDM),” tutup Dito.(ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles