14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Mandalika Masuk Destinasi Wisata Olahraga Kelas Dunia, Daya Tari Event Internasional

Jakarta, MISTAR.ID

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika kini menjadi salah satu destinasi wisata olahraga kelas dunia.

“Zona Mandalika berada dalam tahap yang sangat bagus. Sebagian besar penggemar MotoGP sudah mengenal Mandalika, dan kami melihat adanya peningkatan arus wisatawan internasional dan domestik,” jelasnya dalam konferensi pers MotoGP di Jakarta, Selasa (3/10/23).

Ia mengatakan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara kini mengenal Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, karena dipilih sebagai venue perhelatan World Superbike dan MotoGP.

Baca juga:Martin Start Terdepan GP Jepang, Berikut Peringkat MotoGP 2023 

Perhelatan olahraga nasional dan internasional lainnya seperti Shell Eco Marathon, balap sepeda L’Etape, TNI Marathon, dan beberapa kegiatan olahraga air juga digelar di Mandalika.

Selain itu, Wamenlu mengatakan Mandalika memiliki sejumlah daya tarik wisata bahari seperti pantai yang memukau, dan juga menawarkan wisata bawah laut. Ia mencatat, KEK Mandalika yang semakin populer didukung oleh infrastruktur yang baik, seperti jalan, transportasi, hotel, dan restoran.

Ia mengatakan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, pejabat pengelola objek wisata, investor, dan masyarakat setempat, telah mendukung upaya untuk mendongkrak popularitas kawasan tersebut.

Baca juga:MotoGP Mandalika 2024 Bakal Digelar September 2024, Intip Kalender Lengkapnya

“MotoGP diharapkan dapat menjadi katalis untuk membangun destinasi wisata olahraga dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat khususnya di Nusa Tenggara Barat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BUMN Indonesia Tourism Development Center (ITDC) Ari Respati mengatakan pihaknya fokus membangun Mandalika sebagai destinasi sport pariwisata melalui upaya seperti menggelar ajang MotoGP Mandalika 2023.

“Ajang MotoGP di Mandalika ternyata menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat setempat. Ini bukti mensukseskan amanah pemerintah,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, ITDC sebagai bagian dari holding BUMN InJourney mengembangkan Mandalika secara berkelanjutan.(mtr/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles