15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Kenalkan! Kyandra, Atlet Termuda Indonesia ke SEA Games 2019

Jakarta | MISTAR.ID – Atlet skateboard, Kyandra Kailana Susanto, menjadi atlet termuda di kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina. Kini, usianya masih 10 tahun.

Kyandra hadir di pengukuhan kontingen Indonesia di Hall Basket, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Rabu (27/11/19). Dia bersama atlet skateboard lainnya berbaris bersama wakil cabang olahraga lain. Tubuhnya yang masih kecil cukup menarik perhatian media saat itu. Apalagi, ketika dia khusyuk mencium bendera Merah Putih.

Dia juga langsung disambut Menpora Zainudin Amali bersama jajaran yang berdiri berbaris untuk memberi semangat kepada para atlet sebelum mereka resmi dilepas Presiden RI Joko Widodo di Istana, Bogor, pada sore hari nanti. Kyandra juga tak canggung berbaur dengan atlet lainnya. Layaknya anak seusianya dia juga bersenda gurau dengan atlet yang usianya lebuh tua darinya.

Kyandra juga nyaman meski SEA Games ini bakal menjadi debutnya. SEA Games ini sekaligus menjadi pengalaman pertama Kyandra di ajang internasional.

Di SEA Games nanti, Kyandra akan turun di dua nomor, salah satunya street skateboard. “Ini pertama kali ikut SEA Games, rasanya senang sekali. Saya sudah persiapan sejak setahun lalu di Bandung. Saat dipilih masuk timnas senang banget,” kata Kyandra.

Suka Skateboard karena Lihat Adik dan Youtube
Kyandra adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kecintaannya terhadap skateboard baru dia pupuk setahun lalu. Itu pun melalui video Youtube yang dia tonton. “Awalnya lihat video youtube lalu tertarik dan minta beliin papan skateboard. Kebetulan adik juga suka jadi kita nonton bareng. Saya lihat Spencer Nuzzi. Saya lihat keren banget pas dia lagi ollie kickflip,” dia menceritakan.

Selama satu bulan, Kyandra berlatih sampai dia beradaptasi dengan olahraga ekstrem tersebut. Bahkan dia harus merasakan memar-memar pada bagian kakinya. Dia juga menjajal diri di berbagai kejuaraan nasional. Itu pun tak langsung juara. “Enggak langsung juara. Dua event-event nasional tapi lupa namanya. Enggak kapok malah tertantang untuk coba terus. Enggak (pernah) patah. Jangan sampai lah,” katanya.

Beruntungnya, Kyandra didukung penuh oleh orang tuanya. Bahkan, sekolah tempat dia menimba ilmu di sekolah Darma Karya Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, juga mendukung penuh. “Ya pesan mama sama papa bilang do your best saja. Kalau bisa minimal kalahkan satu atau dua lawan di sana,” kata atlet pengidola Nyjah Huston, atlet skateboard asal Amerika Serikat.

Meski antusias, atlet kelahiran 5 Maret 2009 ini tak bisa menutupi rasa gugup seiring kian dekatnya SEA Games. Kyandra optimistis bisa segera mengatasinya demi memberikan hasil terbaik untuk Indonesia. “Agak takut tapi coba melakukan yang terbaik saja. Soalnya skill dan teknik lawan lebih bagus. Cuma saya sudah latihan dengan pelatih. Semoga bisa,” katanya.

Nah, untuk menghilangkan grogi sebelum bertanding, Kyandra biasanya punya trik. Dia membaca doa orang tua seperti yang diingatkan ayah dan ibunya, Laksmita Dewi dan Heri Susanto. Lagipula, nanti di Filipina dia akan didukung langsung oleh ibundanya. “Mama akan pergi ke Filipina juga cuma beda pesawat. Saya bawa baju dan papan skate dua buah. Yang lainnya enggak ada hahaha,” ujar dia.

“Saya berharap bisa meraih medali emas. Soal bonus inginnya ditabung buat beli rumah untuk orang tua,” Kyandra berharap. (dtc/hm04)

Sumber : Detik
Editor : Jannes Silaban

Related Articles

Latest Articles