26.8 C
New York
Friday, June 21, 2024

Jelang PON 2024, Cabor Senam Sumut Keluhkan Peralatan Usang

Medan, MISTAR.ID

Cabang Olahraga (Cabor) Senam yang dinaungi Persatuan Senam Indonesia (Persani) Sumatera Utara (Sumut) mengaku masih terkendala dengan keadaan peralatan yang telah usang menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Persani Sumut, Syafrizal mengatakan peralatan yang dipakai atlet saat ini merupakan peralatan yang sudah dipakai berpuluh tahun lamanya.

“Kendala kami itu dari peralatan. Standar untuk pertandingan belum ada. Belum terlihat di tempat latihan ini. Kami hanya gunakan yang seadanya. Usia alat ini dari tahun 1986 di saat saya masih jadi atlet dulu. Sekarang masih itu juga alatnya. Paling yang masih bisa digunakan beberapa saja,” ujarnya kepada mistar.id, Jumat (14/6/24) pagi.

Atlet Senam sedang berlatih
Atlet Senam sedang berlatih. (f: iqbal/mistar)

Syafrizal mengatakan saat ini ada belasan atlet yang diproyeksikan untuk bermain di ajang olahraga multievent terbesar di Indonesia tersebut.

Baca juga: Persiapan Kabaddi Sumut Capai 60 Persen Menuju PON 2024

“Jadi menjelang empat bulan ke depan kami dari Persani sedang persiapan khusus bersama atau pra kompetisi, para atlet sudah memantapkan latihan di setiap disiplin, kami kan ada 4 disiplin, artistik putra, artistik putri, ritmik, sport aerobik dengan jumlah atlet 12 orang,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan meski tidak bisa terlalu membebani atlet dengan perolehan medali, Syafrizal mengatakan akan tetap memberikan motivasi kepada atlet asuhannya untuk bisa berprestasi.

“Ya memang setiap cabor dibebankan target oleh KONI Sumut, termasuk kami. Tapi kami tidak bisa muluk-muluk, mengingat yang kita alami keadaannya seperti yang saya sampaikan tadi. 75 persen tidak layak pakai lagi peralatannya,” tuturnya.

Related Articles

Latest Articles