13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Ini Nama Pembalap Pertama Indonesia yang Jadi Juara Seri Junior GP

Spanyol, MISTAR.ID

Junior GP adalah kompetisi balap junior yang telah berlangsung sejak tahun 2012 di bawah pengawasan Dorna Sports, operator MotoGP. Dari Indonesia sendiri, nama pembalap pertama yang berhasil meraih juara adalah Fadillah Arbi.

Ia tercatat sebagai pembalap Indonesia pertama yang menjadi juara seri Junior GP, Minggu (16/7/23). Arbi meraih kemenangan dalam balapan kedua seri kelima yang digelar di Sirkuit Catalunya.

Sebelumnya, Arbi hanya memulai balapan dari posisi ke-16. Prestasi terbaik Arbi adalah finish di peringkat kesembilan dalam balapan kedua seri ketiga di Sirkuit Jerez pada awal Juni.

Baca juga: Pembalap Dilano van’t Hoff Meninggal Dunia

Kemenangan Arbi ini memiliki nilai penting bagi dunia otomotif Indonesia karena sebelumnya belum pernah ada pembalap Indonesia yang berhasil menjadi juara seri dalam ajang Junior GP.

Kemenangannya menjadikan Arbi mendapat tambahan 25 poin dan meningkatkan posisinya dalam klasemen sementara Junior GP 2023. Saat ini, Arbi menduduki peringkat ke-16 dengan 33 poin.

Junior GP, yang sebelumnya dikenal sebagai Kejuaraan Dunia CEV Moto3 Junior, telah melahirkan pembalap-pembalap top di kelas MotoGP seperti Joan Mir, Luca Marini, Alex Marquez, dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Pembalap Ferrari Ini Patah Semangat Tak Rebut Pole di Kualifikasi GP Austria

Beberapa pembalap Indonesia yang pernah merasakan atmosfer kompetisi junior balap motor ini adalah Gerry Salim, Andi Gilang, dan Mario Aji. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles