14.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Ikuti Kejurda Wushu Sumut 2023, Atlet Siantar Target 10 Medali Emas

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Dalam rangka mengikuti Kejurda Wushu Sumatera Utara (Sumut) tahun 2023 yang dipusatkakan di Kota Tebing tinggi, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, memberangkatkan 16 atlet Wushu dari berbagai kategori. Acara pemberangkatan ini dilaksanakan di Lobby Utama Kantor Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Selasa (31/10/23) pagi.

Dalam Arahannya, Barmen Manurung mengajak atlet agar tetap semangat dan tahan mental mengikuti setiap tahap pertandingan. Ia juga berpesan agar para atlet menjunjung sportivitas, disiplin, dan menguatkan kerja sama.

“Selamat bertanding, semoga membawa pulang prestasi. Doa kami seluruh masyarakat Kota Pematang Siantar agar selalu membawa nama harum daerah kita ini. Begitu juga kepada pelatih agar tetap mengawal atlet. Dalam berjuang agar tetap sportif,” ujarnya.

Kepada para atlet, Barmen meminta agar terus menjaga kesehatan, cukup istirahat dan tidak lupa beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa. Yang tak kalah penting, tetap menjaga kekompakan dan mengikuti perintah serta petunjuk dari para pelatih dan kakak pembina serta harus sehat, hingga dapat bertanding dengan baik dan mempertahankan apa yang telah menjadi prestasi.

Baca Juga : Ketua Pengprov Ingin Wushu jadi Lumbung Medali Sumut di PON XXI 2024

Usai acara pemberangkatan, Ketua Umum Wushu Pematang Siantar Erikson Simangunsong, melalui Sekretaris Umum Ferdinan Tampubolon mengatakan, sebanyak 16 atlet Wushu dari berbagai kategori mulai tingkat SMP dan SMA yaitu Junior dan Senior Wushu akan berlaga di kejuaraan daerah Sumut, di Kota Tebing tinggi.

“Nantinya adakn ada 20 daerah, tapi bisa jadi lebih. Kali ini Tebing tinggi sebagai tuan rumah, mulai 31 Oktober hingga 5 November 2023,” ucapnya.

Ferdinan menjelaskan, di Kejurda Wushu ini merupakan ajang mencari bibit unggul atlet daerah potensial yang akan mewakili Sumatera Utara di kancah Pekan Olahraga Indonesia (PON) 2024. Tim provinsi Sumatera Utara untuk cabang olahraga Wushu yang akan turun langsung nanti di kegiatan kejurda tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Kejurda kali ini pihaknya juga melakukan beberapa persiapan dari berbagai sasana di Kota Pematang Siantar dengan melakukan seleksi yang berpusat di HKBP Nommensen pada tanggal 22 Oktober 2023 lalu.

“Para atlet kita sudah lakukan Training Center (TC) untuk pemusatan pelatihan yang dilakukan di Jalan Rakuta Sembiring. Dan Puji Tuhan, adik-adik ini semuanya dalam keadaan sehat sekarang juga semoga seterusnya. Mudah-mudahan mereka bisa nanti berhasil meraih juara dan terbaik menuju tingkat nasional maupun Internasional,” harap Ferdinan.

Baca Juga : Atlet Wushu Indonesia Sumbangkan Medali Emas Ketiga di Asian Games 2022

Tak muluk-muluk, Ferdinan menyatakan bahwa pihaknya menargetkan setidaknya 10 emas dapat diperoleh tim Wushu Kota Pematang Siantar pada Kejurda Wushu Sumut 2023 di Kota Tebing tinggi kali ini.

“Sepuluh (emas) adalah target yang realistis. Kita optimistis di setiap nomor. Target tidak bisa cuma satu saja (harus ada emas), karena semua tingkatan punya peluang. Yang penting sekarang ini adalah siap mental dan semuanya untuk meraih emas,” pungkasnya. (yetty/hm24)

Related Articles

Latest Articles