12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Edy Katakan Kesiapan Sumut untuk PON 2024 Capai 44 Persen

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, kesiapan daerah itu untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 sudah mencapai 42-44 persen. Kesiapan ini baik fisik maupun non fisik.

“Saya cerita PON Sumut ya bukan PON XXI, karena kalau itu termasuk juga Aceh. Dimana ada 34 cabang olahraga (cabor) di Sumut dan 2 di Aceh. Tapi saya bercerita tentang Sumut. Semua dokumen juga telah selesai, begitu juga yang harus dianggarkan di 2024. Dengan kata lain perencanaan sudah selesai, anggaran tinggal menunggu ketok DPRD,” ungkap Edy, Rabu (5/7/23), saat rapat terkait PON Aceh-Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kota Medan.

Terkait stadion utama, Edy mengatakan, saat ini dalam masa tender dan ditargetkan akan selesai bulan Juni 2024. Sedangkan untuk stadion atletik, dia menegaskan akan selesai di tahun ini, begitu juga dengan beberapa venue lainnya.

Baca juga: 16 Atlet Asal Siantar Akan Berlaga di 7 Cabor PON 2024 Sumut-Aceh, ini Namanya

“Stadion sedang tender. Stadion juga pakai sistem tahun jamak, bulan Juni 2024 harus sudah jadi. Kalau stadion atletik tahun 2023 ini harus sudah selesai. Di situ nanti ada badminton, atletik dan martial art. Begitu juga venue lainnya, harus selesai tahun ini,” kata Gubernur.

Terkait adanya isu batalnya PON 2024, Edy memastikan sampai saat ini belum ada perubahan. Dia mengatakan, PON masih dijadwalkan akan diselenggarakan pada pertengahan September 2024.

“Sampai detik ini jadwal pelaksanaannya pertengahan September, belum ada perubahan. Semua persiapan kita harus sudah selesai awal September itu batasnya. Kita doakan bersama agar semuanya lancar,” kata Edy. (anita/hm16)

Related Articles

Latest Articles