9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Danau Toba APRC 2023, Pj Gubernur Sumut: Bukan Hanya Tentang Kejuaraan

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin melepas pembalap grand final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

Event yang menggabungkan olahraga dan hiburan itu diharapkan semakin mendorong sektor pariwisata Sumut.

Grand final Danau Toba APRC 2023 diselenggarakan di Kabupaten Toba. Pembalap dari berbagai negara ikut meramaikan antara lain Thailand, New Zeland, Portugal dan India.

Baca juga:Satu Seri APRC 2024 dan WRC 2025 Siap Digelar, Danau Toba Sebagai Tuan Rumah

“Acara ini bukan hanya tentang kejuaraan, tetapi juga semangat dan kerja sama menjadi bagian sport tourism dan sport entertainment,” ucap Hassanudin, pada Sabtu (25/11/23).

Dikatakan, event APRC merupakan kali kedua di Danau Toba. Diharapkan APRC kali ini lebih memberikan dampak ekonomi signifikan ke masyarakat.

“Itu artinya event ini harus terus dilakukan agar memberikan dampak yang lebih besar,” kata Hassanudin.

Baca juga:Sean dan Hugo Jadi yang Tercepat di APRC Asia Rally Cup Danau Toba 2023

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo mengatakan, tahun 2023 fasilitas untuk event ini bakal lebih baik. Dengan begitu, akan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan untuk event yang lebih besar.

“Tahun depan fasilitasnya lebih baik, jalan, ada hotel yang sedang dibangun saat ini, mudah-mudahan tahun depan kita jadi tuan rumah World Rally Championship (WRC),” kata Ketua MPR RI ini.

Ketua Panitia, Harun Mustafa menambahkan, Danau Toba APRC 2023 diikuti pembalap top Asia Pasifik termasuk Indonesia. Dari Indonesia ada Sean Galael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa dan juga mantan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Baca juga:Bintang Masuk 3 Terbaik di Danau Toba Rally 2023 , “Lintasan Aek Nauli Sangat Menantang”

“Awalnya kuota hanya 60 peserta, tetapi teman-teman dari Jakarta sudah bawa perlengkapan sehingga jadi 67 orang,” katanya.

Kegiatan grand final Danau Toba APRC 2023 akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 24-26 November. Selain APRC, pada kesempatan ini juga diselenggarakan IMI National Rally Championship putaran keempat yang diikuti pembalap-pembalap nasional. (jonatan/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles