18.2 C
New York
Wednesday, June 5, 2024

Belajar Kekalahan di Papua, PGSI Sumut Targetkan Emas PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Menebus kegagalan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, pulang tanpa meraih medali, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Provinsi Sumatera Utara kali ini menargetkan 1 medali emas dan 3 perak pada PON 2024.

“Target ini mengingat hasil Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang baru diikuti, Sumut meraih 3 perak dan 10 perunggu. Ini adalah target yang paling realistis, meskipun sebagai tuan rumah ditambah dengan dukungan masyarakat Sumut, kita meraih lebih dari itu,” kata Kabid Binpres PGSI Sumut, Daslan Gultom saat dikonfirmasi mistar.id, pada Senin (26/6/23).

Ia juga mengatakan, pada PON 2024 cabang olahraga (cabor) gulat akan mempertandingkan 21 nomor kelas pertandingan. Artinya ada 21 medali emas yang diperebutkan.

Baca juga: PDBI Sumut Targetkan 7 Medali Emas di PON 2024 Mendatang

Saat dihubungi mistar.id, salah satu pelatih gulat, Jan Bobby Barus mengatakan, untuk menuju PON Aceh-Sumut, PGSI sudah melakukan pelatihan dan try in berupa Kejuaraan Daerah (Kejurda). Dan try out ke luar negeri yang rencananya ikut program Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut ke Guangzhou, China.

“Tapi ini masih menunggu keputusan KONI. Kalau boleh memang gulat ini juga latihannya ke Korea Selatan (Korsel),” kata Bobby.

Saat ini atlet gulat terus berlatih di pemusatan pelatihan gulat di Jalan Air Bersih, Kota Medan. atihan ini dipimpin langsung Pelatih Kepala, Mangasi Simangunsong yang juga Ketua PGSI Kota Medan. Selain itu ada juga pelatih Bobby Barus dan Daslan Gultom. Sementara pelatih fisik di tim gulat, yakni, Ronal Siagian dan Dedy Lubis.

Baca juga: Persaingan Ketat, PODSI Sumut Siap Meraih Emas di PON 2024

Sebelumnya, Pengawas Pendamping (Wasping) KONI Sumut, Josua Sinurat yang juga mantan peraih medali emas PON 1989 mengatakan, target yang dipasang PGSI Sumut tidak muluk-muluk saat ditemui di Posko Publikasi PON 2024, Medan, Jumat (23/6/23)

Ia juga mengatakan, jika diprediksi dari data hasil SEA Games Kamboja, maka ada peluang medali di 7 nomor lagi untuk direbut pada PON 2024.

“Itu yang harus kita tekadkan. Atlet harus kerja keras, motivasi tinggi dan main untuk menang. Kedepan, kami mendorong latihan yang baik dari PGSI Sumut, harus diikuti pembinaan dengan kompetisi yang teratur dan kompetitif,” ujar Josua. (andreas/hm16)

Related Articles

Latest Articles