33.1 C
New York
Monday, June 24, 2024

Atlet Senam Sumut Terus Optimis Menuju PON 2024 Meski Banyak Kendala

Medan, MISTAR.ID

Atlet Cabang Olahraga (Cabor) Senam yang dinaungi Persatuan Senam Indonesia (Persani) Sumatera Utara (Sumut) tetap optimis bisa tampil baik di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dibalik berbagai kendala yang dihadapi.

Salah satunya Atlet Senam Sumut, Thasya Selivya Valentine (28) mengaku persiapannya sudah mencapai angka 70 persen dan akan memantapkan teknik di sisa waktu yang ada.

“Kalau saya pribadi sebagai atlet persiapannya sudah 70 persen karena sisa tiga bulan lagi, sisa waktu ini kita manfaatkan untuk teknik dan penguasaan alat serta lapangan, tapi karena tempat latihan kita maksimal yang seadanya saja,” ujarnya kepada Mistar.id, Jumat (14/6/24).

Menurut Thasya status tuan rumah yang dimiliki Sumut menjadi tanggung jawab yang besar untuk para atlet.

Baca juga: Jelang PON 2024, Cabor Senam Sumut Keluhkan Peralatan Usang

“Iya pasti ada rasa beban, karena kita kan tuan rumah, tanggung jawabnya lebih besar, tapi begitupun kami tetap optimis,” tuturnya.

Dirinya mengatakan kendala yang dihadapinya bersama atlet senam lain ada pada tiga aspek, yakni lapangan, peralatan dan pencahayaan.

“Kalau kendala banyak, seperti pencahayaan, tempat latihan dan peralatan, alat yang dimiliki cuma satu set, sedangkan atlet lebih dari itu, lapangan juga seharusnya 12×12, ini tidak sesuai,” ungkapnya.

“Pencahayaan juga kurang, bisa cedera karena cahaya kurang bisa kepentok. Jadi solusi kadang kami latihan pagi ke sore, solusi untuk pencahayaan,” sambung atlet yang sudah mencicipi PON sejak edisi Riau 2012 tersebut.

Atlet berusia 28 tahun tersebut juga mengatakan sempat bermain di kejuaraan di negara-negara asia sebagai langkah persiapan juga di PON 2024 nantinya.

“Kemarin ada pertandingan di Malaysia dan Thailand, kemarin ke Malaysia biaya sendiri, sedangkan di Thailand kami mengajukan proposal ke (Pemerintah) Sumut, disitulah kami belajar banyak,” ungkap atlet berdarah Sunda tersebut.

Sementara itu, Atlet senam Sumut lainnya, Hanna Laura Caroline Butar-butar (18) membenarkan apa yang dirasakan oleh Thasya.

“Kalau kendala di sini kan lampu penerangannya kurang, kemudian kalau hujan banjir, jadi kendala kalau tempat latihan itu, tapi harus tetap semangat,” pungkasnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles