22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Waspadai Hujan Lebat di Pegunungan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan lebat di pegunungan disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir di Sumatera Utara.

“Kepada masyarakat di wilayah Sumatera Utara diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba di Medan, Jumat (14/4/23).

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari cerah berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang.

Baca Juga:Ini Prakiraan Cuaca Wilayah Sumut di Awal 2023

Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di wilayah Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Toba, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Sibolga, dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat terjadi di Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Sibolga, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16.0 – 33.0 derajat Celsius, kelembapan udara 60 – 98 persen, angin berhembus dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles