9.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang di Sumut

Medan, MISTAR

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara pada Sabtu (20/8/22).

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diiringi guntur dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng timur dan barat Sumatera Utara pada siang hingga malam hari,” kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Christin di Medan.

Ia menyebutkan, secara umum kondisi cuaca di Sumatera Utara pada Sabtu siang potensi hujan sedang-lebat berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah lereng barat, pegunungan Sumatera Utara khususnya di wilayah Tapteng, Toba, Simalungun, Samosir, Karo, dan sekitarnya.

Baca Juga:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Wilayah Perairan

Malam hari potensi hujan sedang hingga lebat berpeluang terjadi di wilayah Sumatera Utara. Potensi hujan lebat berpeluang terjadi di wilayah Karo, Langkat, Deli Serdang, Binjai, Pematang Siantar, Toba, dan sekitarnya.

Suhu udara 17.0-33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, angin berembus dari Tenggara-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20, terpantau 21 titik panas atau hotspot di Sumatera Utara. Hotspot tersebut terpantau dua titik di Dairi, dua titik di Humbang Hasundutan, delapan titkk di Karo, dua titik di Sibolga dan masing-masing satu titik di Deli Serdang, Labuhanbatu Utara, Medan, Nias, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah dan di Tapanuli Utara.(antara/hm15)

Related Articles

Latest Articles