17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Waspada Petir di Wilayah Pegunungan dan Pantai Barat Sumut

Medan, MISTAR.ID
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir pada hari ketiga Lebaran 1444 H.

“Kondisi itu berpotensi terjadi di kawasan lereng timur, pegunungan dan pantai barat Sumatera Utara (Sumut),” ujar Prakirawan BMKG wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Senin (24/4/23).

Lestari mengatakan, untuk pagi hari Sumatera Utara cenderung berawan. Tapi, hujan ringan berpotensi terjadi di Tapteng, Sibolga, Humbahas, Tapsel, Taput, Madina, Palas dan Paluta.

Baca Juga:BMKG Ingatkan Warga: Jangan Lihat Proses Gerhana Matahari Secara Langsung!

“Sementara pada siang dan sore hari hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Pakpak Bharat, Tapteng, Sibolga, Humbahas, Tapsel dan Madina,” ucapnya.

Disebutkan Lestari, pada malam hari hujan ringan berpeluang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara seperti Pakpak Bharat, Tapteng, Sibolga, Tapsel dan sekitarnya.

“Untuk dini hari hampir seluruh wilayah di Sumatera Utara berawan banyak,” ungkapnya.

Baca Juga:BMKG: Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Termasuk Sumut

Lestari menyebutkan, suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 16 – 33.0⁰C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari arah barat daya ke timur berkekuatan 10 – 30 km/jam.

“Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumut hari ini,” pungkasnya.(ial/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles