18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Warga Desa Pagar Jati Deli Serdang Minta Sawung di Atas Saluran Dibongkar

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bangunan sawung yang berada di atas saluran irigasi Desa Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang diminta untuk segera dibongkar. Desakan itu disampaikan sejumlah petani dan warga desa disana.

Mereka khawatir bangunan sawung itu bisa mengakibatkan sumbatnya aliran irigasi. Apalagi, saluran irigasi tersebut merupakan satu-satunya yang ada di desa mereka.
Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan para petani disana.

“Selain melanggar aturan dan kepantasan, bangunan sawung tersebut juga sangat tidak etis di bangun di atas irigasi,” kata marga Gultom, salah seorang warga disana.

Baca Juga:Distan Deli Serdang: Mendirikan Bangunan di Atas Saluran Irigasi Salah Besar

Sejatinya, sambung Gultom, sebelum dibangun dipikirkan dulu. “Jangan ujung-ujungnya berakhir seperti ini yakni penolakan dari warga,” sebut warga lainnya bermarga Sihombing, Selasa (27/7/21), menimpali.

Disebutkan warga, pembangunan sawung tersebut kabarnya menggunakan alokasi dana desa (ADD). “Waktu dibangun ada plank nama proyeknya dan kami liat sumber dananya dari ADD,” ungkap warga, seraya menyebutkan pembangunan sawung di tempat itu diduga ada kepentingan oknum kepala desa mereka.

“Karena sawah kepala desa ada di lokasi sekitar sawung itu. Jadi bisa aja sawung dipakai untuk tempat melihat-lihat sawahnya dan sesekali dijadikan tempat berkumpulnya para petani. Apalagi kabarnya di daerah itu mau dijadikan lokasi wisata sawah,” tutur Sitorus.

Sementara, Pelaksana Teknis Kegiatan Dinas Pertanian Deli Serdang, Tiurma Ida Tampubolon dengan tegas melarang adanya bangunan di atas saluran irigasi.

Baca Juga:Kades Dirikan Bangunan di Atas Saluran Irigasi di Deli Serdang

“Apapun alasannya tidak dibenarkan adanya bangunan di atas saluran irigasi. Jelas itu menyalah,” ujar Tiurma, seraya menuturkan pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengecek sawung di atas saluran irigasi tersebut.

“Kami akan cek bangunan itu,” janji wanita berkaca mata itu ketika dikonfirmasi wartawan.
Anehnya, Kepala Desa Pagar Jati Erlianto terkesan tidak senang wartawan memberitakan bangunan Sawung di atas irigasi.

“Masih yang salah-salah di atas sana, kenapa bangunan itu saja yang diributi,” ujar pensiunan tentara yang telah 5 tahun menjadi Kepada Desa Pagar Jati. Erlianto merupakan ipar dari mantan Bupati Serdang Bedagai, Soekirman.(sembiring/hm10)

Related Articles

Latest Articles