16 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Wabup Taput: Minta IT DEL dan PT Inalum Selesaikan Pembangunan Shallow Geothermal Dryer 

Taput, MISTAR.ID

Wakil Bupati (Wabup)Taput Sarlandy Hutabarat didampingi Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa pimpinan OPD hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) perkembangan pembangunan Shallow Geothermal Dryer (Pengering Panas Bumi) Sipoholon, di GD 512 Institut Teknologi (IT) DEL Laguboti Kabupaten Toba, Rabu (23/6/21).

Wabup Taput menyampaikan  harapan, agar seluruh pihak terkait khususnya pihak IT DEL dan PT.Inalum melaksakan komitmen untuk penyelesaian pembangunan Shallow Geothermal Dryer  sesuai dengan kerangka kerja yang telah ditetapkan oleh pihak IT DEL dan PT Inalum.

Dalam kesempatan itu, Indra Tambunan Ketua Pelaksana IT DEL  mempresentasikan progres pembangunan  Shallow Geothermal Dryer. Mereka berjanji dan   berkomitmen akan menyelesaikan pembangunan tersebut di  bulan Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga: Wabup Taput Sambut Kunker Spesifik Komisi VI DPR-RI

“Institut Teknologi (IT) DEL berjanji dan berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan Shallow Geothermal Dryer di Sipoholon bulan Oktober mendatang,” kata Indra Tambunan.

Pada kesempatan tersebut, perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, didirikan oleh Luhut Binsar Panjaitan itu mempersentasikan progres pembangunan Shallow Geothermal Dryer.

Baca Juga: Wabup Taput Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Secara Virtual

Dijelaskan juga bahwa sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Tapanuli Utara khususnya sumber air panas bumi di kecamatan Sipoholon dapat dikembangkan sebagai suatu energi terbarukan.

“Shallow Geothermal Dryer sebagai pengering surya langsung, menggunakan penukar panas air panas bumi sebagai energi tambahan,” uangkap Indra Tambunan.

Dalam Rakor tersebut, hadir Humasak Simanjuntak Wakil Rektor Bidang Kemitraan Inovasi dan Kewirausahaan IT Del, Albert Sagala Ketua LPPM IT Del, Indra Tambunan Ketua Tim Pelaksana IT Del, Verawaty Situmorang dan Zainuddin Iqbal Sidabutar Manajer TJSL PT Inalum.(Fernando/hm13)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Latest Articles