10.7 C
New York
Friday, April 26, 2024

UTS Dimulai di Toba, Murid dan Guru Ingin Belajar Tatap Muka

Toba, MISTAR.ID

Pemberlakuan belajar tatap muka langsung di Kabupaten Toba hingga memasuki tahap pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) pada sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Toba tahun ajaran 2021, masih terhalang akibat bencana nonalam pandemi corona virus diasesa-2019 (Covid-19) yang masih berkepanjangan hingga saat ini.

Memang tak dapat dipungkiri secara psikologis, anak didik maupun para guru pengajar dihadapkan dengan ketidakpuasan saat melakoni sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring), namun hal itu adalah bagian dari protokol kesehatan (Prokes) yang ditetapkan pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami sudah sangat rindu untuk dapat belajar bersama dan berkelompok, berolahraga dan bermain bersama,” ujar Yossi Tambunan yang masih duduk di bangku kelas VI SDN 175802 saat disambangi Mistar di rumahnya di Dusun II Desa Lumban Gaol, Senin (15/3/21), saat mengerjakan soal UTS.

Baca Juga:Hari Jadi Ke-22 Pemkab Toba, PT TPL Dukung dan Wujudkan Toba Unggul dan Bersinar

Menurut Yossi, dirinya selama ini sudah jenuh belajar sendiri di rumah, menjemput dan mengembalikan mata pelajaran dan soal ujian ke sekolah setiap harinya. “Belajar di rumah tanpa ada diskusi kelompok dan interaksi dari teman maupun guru sangat membosankan,” ujar Yossi.

Sementara, Plt Kepala SDN 173537 Aek Bolon Belige Lusiana P Pandiangan menuturkan, di sekolah yang dia pimpin soal UTS diantar langsung oleh para guru ke rumah para siswa.

“Protokol kesehatan selalu kita utamakan untuk menghindari penyebaran Covid-19, semoga bencana nonalam ini segera berakhir, sehingga belajar tatap muka langsung dapat segera diberlakukan seperti sedia kala. Kita juga sudah rindu untuk belajar tatap muka langsung,” ujar Lusiana.

Baca Juga:BPK Provsu Periksa Kendaraan Aset Pemkab Toba, ASN Diimbau Patuhi Prokes

UTS untuk unit SMP ada sepuluh bidang studi yang akan diuji yakni, Matematika, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA/Biologi, Fisika, IPS, Seni Budaya, Penjaskes dan bidang studi Prakaraya.

Berliana Pasaribu selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Balige melalui WhatsAppnya saat dihubungi mengungkapkan, untuk tingkat SMP, usai tahapan UTS berakhir, berikutnya pada April bulan depan, anak-anak kelas 9 akan melakoni proses tahapan penilaian semester pada 6 hingga 10 April 2021, dan selanjutnya adalah tahapan penilaian sekolah sebagai pengganti UN pada 19 hingga 24 April 2021.

Sementara, Lamhot Sitorus selaku Kasi Dikdas Dinas Pendidikan Toba, membenarkan pelaksanaan pelaksanaan UTS dimulai sejak, Senin 15 hingga 20 Maret 2021.(james/hm10)

Related Articles

Latest Articles