22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

UMKM Toba Diedukasi Terapkan Digitalisasi Melalui DANA

Toba, MISTAR.IR

Guna mendukung perkembangan UMKM di Sumatera Utara (Sumut) di masa pandemi dan juga mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

DANA bersama Institut Teknologi Del bekerjasama dalam menyiapkan UMKM Siap Digital di Kabupaten Toba.

Chief People & Corporate Strategy Office DANA Agustina Samara mengatakan, kerjasama yang dilakukan merupakan edukasi literasi digital berupa training atau pendampingan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Toba.

“Kami menjadikan Toba sebagai titik awal program mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Sumut. Sebab wilayah Toba ini jadi destinasi wisata yang dipusatkan Presiden Jokowi, untuk itu butuh satu ekosistem. Pariwisata perlu ada UMKM dan UMKM akan bergerak bila ada pembayaran digital yang memang saat ini menjadi kebutuhan masyarakat,” katanya usai melakukan penandatanganan kerjasama dengan IT Del di Gedung Serbaguna IT Del, Selasa (16/2/21).

Kerjasama dengan IT Del, lanjut Agustina pihaknya melihat kesiapan IT Del dalam mempersiapkan engineering yang siap kerja.
“Bibit di IT Del ini kami lihat sangat luar biasa, siap kerja dan membangun Indonesia melalui keahliannya di bidang teknologi. Karena dalam kemajuan teknologi ini, kita butuh generasi yang siap,” ujarnya.

Antusias pelaku UMKM di Toba cukup tinggi dalam pendidikan teknologi. DANA mencatat sebulan ini, ada 3 juta transaksi per hari seluruh Indonesia.

“Dari jumlah itu, dukungan terbesar pastinya dari UMKM. Sejauh ini, kami juga sudah mengedukasi sebanyak 200 ribu UMKM,” katanya.

Sementara itu, Prof Togar M. Simatupang, Rektor Institut Teknologi Del mengucapkan terimakasih kepada DANA yang telah hadir di Toba. Program DANA senada dengan IT Del dalam membantu UMKM berkembang melalui teknologi.

“Sebelum kami juga sudah melakukan literasi atau dampingan kepada UMKM lokal, yakni produk andaliman. Bagaimana pengawetannya dan juga mereka butuh pengembangan di transaksinya. Sehingga kehadiran DANA dan fintech lainnya sangat dibutuhkan. Moment Toba sebagai destinasi prioritas sangat pas,” tutupnya. (Anita/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles