28.6 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Materi Live Report, STAI Tebing Tinggi Pelatihan Jurnalistik di 3 Lokasi

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli mengadakan pelatihan jurnalistik di 3 lokasi di Kota Tebing Tinggi, dengan menyajikan materi live report kepada mahasiswa-mahasiswi semester VI jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Kegiatan tersebut dipandu Zeintika Mandasari selaku dosen pembimbing yang dilaksanakan di 3 lokasi berbeda.

Kegiatan ini merupakan salah satu pengembangan program Radio Podcast sebagai media pembelajaran berbasis digital pada kampus STAI Tebing Tinggi Deli.

Baca juga:Pelatihan Jurnalsitik yang Digelar IWO Sibolga-Tapteng Hadirkan Tiga Wartawan Senior

Adapun lokasi pelaksanaan live report yang pertama yaitu di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Tebing Tinggi, Jalan Gunung Agung No 01 pada tanggal 28 Juni 2024.

Kedua, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tebing Tinggi, Jalan Pendidikan No 4, Ps Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Kota Tebing pada tanggal 5 Juli 2024. Dan di Masjid Agung, Jalan Yos Sudarso Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan pada tanggal 12 Juli 2024.

Dalam pemaparannya, Zeintika menjelaskan, pentingnya live report bagi seorang wartawan. Termasuk bagaimana cara melaksanakan live report dengan baik.

Sebelumnya mahasiswa-mahasiswi dibekali dengan berbagai persiapan sebagai pedoman untuk melakukan simulasi di lapangan.

Baca juga:Kembangkan Potensi Foto Jurnalistik Mahasiswa, PFI Medan dan UMA Jajaki Kerjasama

“Live report adalah jenis penyiaran berita yang dilakukan secara langsung oleh seorang wartawan. Pada prakteknya mahasiswa-mahasiswi dilatih memberikan laporan langsung dari lokasi kejadian. Beberapa persiapan dilakukan sebelumnya, seperti memahami tugas dan fungsi news anchor, reporter, dan juru kamera. Lalu membuat naskah berita, cara membaca berita dengan benar dan wawancara dengan narasumber. Selanjutnya mahasiswa-mahasiswi dilatih dalam proses video editing,” ujar Zeintika, pada Selasa (16/7/24).

Melalui teknologi yang semakin maju, sambung Zeintika, hasil live report yang dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi disiarkan melalui platform media sosial (medsos) milik STAI Tebing Tinggi Deli.

Hal ini disadari karena seiring dengan perkembangan teknologi, dan kebutuhan masyarakat akan informasi secara cepat, live report semakin populer.

“Mahasiswa-mahasiswi semester VI jurusan KPI sangat antusias mengikuti proses belajar live report tersebut, karena merupakan kali pertama bagi mereka terjun ke lapangan dalam proses peliputan berita. Meski sebelumnya sudah belajar banyak teori tentang jurnalistik,” pungkasnya. (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles