25.1 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Sukseskan Pilgub-Pilkada Luber dan Jurdi, Bawaslu Toba Rekrut PKD

Toba, MISTAR.ID

Guna mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara tahun 2024, Bawaslu Toba telah siap melakukan perekrutan Panwas Kelurahan dan Desa (PKD). Tugasnya adalah untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia (luber) dan jujur dan adil (jurdil)

Ketua Bawaslu Kabupaten Toba, Sahat Sibarani mengatakan perekrutan PKD sesuai surat keputusan Bawaslu Republik Indonesia, No. 125 tahun 2004 tentang perekrutan Panwas Kelurahan dan Desa di wilayah Kabupaten Toba, berlangsung selama empat hari.

“Sesuai juknis yang sedang dilaksanakan penerimaan pendaftaran PKD sejak tanggal 18 – 21 Mei 2024,” ujarnya pada Selasa (21/05/2024).

“Hari ini terakhir penerimaan 21 Mei 2024 hingga pukul 23.59 WIB, kemudian  penelitian administrasi tanggal 24 Mei dan pengumuman tanggal 25 Mei untuk  wawancara akan dilaksanakan di tanggal 27 Mei 2024, tanggapan masyarakat tanggal 28 Mei selanjutnya tanggal 1- 2 Juni pelantikan,” ucap Sahat melanjutkan.

Sambung Sahat, tugas mereka nantinya setelah dilantik adalah mengawasi semua proses tahapan Pilgub dan Pilkada Toba dan menindaklanjuti seluruh temuan dan laporan pelanggaran Pemilu di tingkat wilayah masing – masing.

Baca juga: PPK Balige Dan Nassau Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pilkada Toba

Setelah nanti mereka dilantik, dengan wewenang tugas dan kewajiban mereka sebagai amanat undang – undang maka pengawas kelurahan dan desa berkewajiban melakukan sosialisasi pencegahan, usulan masyarakat dalam mensukseskan pemilu tingkat provinsi  dan tingkat kabupaten di wilayah Sumatera Utara.

“Pada prinsipnya sesuai yang dituangkan dalam azas penyelenggara pemilu, salah satunya itu adalah integritas penyelenggara pemilu yang berkomitmen menyelenggarakan pengawasan pemilu di jajaran PKD dari desa, kecamatan dan kabupaten/kota. Bawaslu memastikan bahwa mereka berkomitmen menjaga integritas pemilu yang aman dan bersih,” pungkas Ketua Bawaslu Toba. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles