12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Pj Bupati Tapteng Khatib Jumat di Masjid Al-Huda Hutanabolon

Tapteng, MISTAR.ID

Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta bertindak menjadi Khatib Shalat Jumat di Masjid Al-Huda Hutanabolon, Kecamatan Tukka pada Jumat (15/3/24).

“Sesuai dengan Surat Al Baqarah Ayat 183, puasa di bulan Ramadhan diperintahkan oleh Allah SWT dan ditujukan untuk orang-orang beriman sehingga menjadi hamba yang muttaqin,” ucap Sugeng dalam khutbahnya.

Bagi seorang muslim, lanjut Sugeng, semestinya berkomitmen melakukan pendidikan dan latihan agar meraih derajat tersebut.

Sugeng pun menyebutkan bentuk pendidikan dan latihan Ramadhan, diantaranya, puasa melatih setiap muslim untuk senantiasa merasa diawasi Allah SWT yang mana ibadahnya langsung diawasi Allah SWT tanpa perlu adanya pengawasan dari manusia, sehingga hatinya ikhlas dan lurus untuk melaksanakan ibadah.

Baca juga: Yayasan Abul Yatama Indonesia Gelar Ramdhan Utuh

Kemudian, puasa melatih tawadhu dan syukur, sehingga dalam ibadah puasa mengajarkan manusia untuk merasakan lapar dan mengakui keterbatasan dalam dirinya, serta melatih rasa syukur atas kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT dalam kehidupan.

Puasa menumbuhkan kedermawanan, yang mana Ramadhan mengajak kita untuk saling berbagi, bukan malah merawat sifat kikir, pelit dan tamak dalam diri kita.

“Makanya pada bulan Ramadhan Rasulullah SAW mendorong kita untuk banyak bersedekah, baik itu secara kualitas maupun kuantitas. Puncaknya juga pada bulan Ramadhan Rasulullah SAW mewajibkan umat Islam untuk membayar Zakat Fitrah,” tutur Sugeng. (Syaiful/hm20)

Related Articles

Latest Articles