1.8 C
New York
Wednesday, February 21, 2024

Tanggul Jebol, 4.235 Rumah di Sergai Terendam Banjir

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 4235 unit rumah di Serdang Bedagai (Sergai) dilaporkan terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur beberapa hari terakhir hingga Jumat (27/11/20) kemarin. Sejumlah tanggul juga dilaporkan jebol akibat meluapnya air.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sergai Henry Suharto menyebutkan, beberapa tanggul yang jebol itu yakni tanggul Sei Belutu dan Sei Sibaro di Kecamatan Sei Bamban dan Tebing Tinggi dan beberapa tanggul di Kecamatan Dolok Masihul.

“Ditambah adanya air kiriman dari Kabupaten Simalungun sejalan dengan itu terjadi pasang mati dilaut sehingga air tertahan dan melimpah di pemukiman warga,” kata Henry, Sabtu (28/11/20).

Baca juga: Terkait Banjir di Tebing Tinggi, 3.122 Rumah dan Fasilitas Umum Terendam

Akibatnya pemukiman penduduk di lima kecamatan yakni Sei Bamban, Tebing Tinggi, Sipispis, Dolok Masihul dan Sei Rampah menjadi daerah terdampak banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter dengan perkiraan sebanyak 5145 KK di 33 desa/ kelurahan terdampak banjir.

Saat ini, kata Henry sudah didirikan posko tanggap darurat di desa/kelurahan yang terdampak banjir, bersama komponen desa, Satgas BPBD, TNI/Polri, dan Tagana. Saat ini juga terus disalurkan bantuan sembako dan air mineral untuk dapur umum di beberapa titik serta menurunkan perahu fiber dan portable, di lokasi tertentu, serta pelayanan kesehatan. (iskandar/hm09)

Related Articles

Latest Articles