14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Sumut Masuk Musim Hujan, BMKG Ingatkan Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyebutkan seluruh wilayah Sumatera Utara (Sumut) sudah memasuki awal musim hujan.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto mengingatkan untuk mewaspadai potensi-potensi peningkatan curah hujan dengan cakupan wilayah yang luas dan berlangsung lama.

“Curah hujan yang tinggi ini berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti hujan lebat, petir, angin kencang dan longsor,” ujarnya, Kamis (2/9/21).

Hartanto mengatakan, bagi masyarakat yang berada dalam wilayah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir dari arah hulu sungai.

Baca juga: Prediksi BMKG, Sepanjang Hari Ini Sumut akan Diguyur Hujan

“Pemerintah daerah agar melakukan upaya-upaya mitigasi potensi bencana. Saat yang tepat bagi masyarakat perkotaan bersama pemerintah untuk melakukan perbaikan dan pembersihan drainase untuk mengurangi resiko banjir perkotaan,” ungkapnya.

Baca juga: Perkiraan BMKG, 5 Hari ke Depan Cuaca Eksrem dan Potensi Banjir di Indonesia

Dikatakan Hartanto, saat musim hujan adalah masa yang terbaik untuk peningkatan produktifitas pertanian. Untuk masyarakat sektor transportasi darat, laut dan udara agar dapat memonitor dan mengantisipasi dampak cuaca buruk bagi keselamatan transportasi.

“Pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat diharapkan memonitor informasi cuaca yang disampaikan oleh BMKG,” pungkasnya. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles