18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Setelah Meninggal, Seorang Pasien PDP di Toba Terkonfirmasi Positif

Toba, MISTAR.ID

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toba mencatat sebanyak 7 orang terkonfirmasi positif corona, orang dalam pengawasan (ODP) 2 orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) 1 orang.

Sementara untuk pelaku perjalanan baru sebanyak 64 orang, pelaku perjalanan selesai pemantauan 80 orang dan total pelaku perjalanan dalam pemantauan sebanyak 562 orang.

Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Toba, Siti Nuraya Sirait  di Posko GTPP Covid-19 Toba, Selasa (14/7/20) didampingi juru bicara gugus tugas, Lalo Simanjuntak.

Baca Juga: E Warung CV Prima Penyedia BPNT KPM-PKH di Toba Disoal, Ini Peyebabnya

Siti juga menjelaskan, riwayat almarhum SS pasien PDP yang meninggal dunia pada 8 Juli lalu sekira pukul 01.50 Wib di RS Elisabeth Medan, langsung dievakuasi dan dimakamkan esok harinya di Kecamatan Pintupohan Meranti, Kabupaten Toba sesuai protokol Covid-19.

Sebelum meninggal, perempuan berusia 72 tahun itu sudah berada di Medan selama 2 bulan.

Selanjutnya GTPP Covid-19 Toba pada tanggal 13 Juli memperoleh informasi resmi bahwa Swab test almarhum SS, dinyatakan terkonfirmasi positif.

Baca Juga: 2.102 Penyelenggara Pilkada di Toba Rapid Test

Mengetahui informasi tersebut, GTPP  langsung melakukan traching atau penelusuran kepada para keluarga SS dan orang-orang dekat yang diduga saling kontak.

Dari hasil traching, sebanyak 19 orang diperkirakan saling kontak dan mereka sudah dirapid test hingga Selaa (14/7/20).

Lanjut Siti, Faskes Puskesmas setempat diinstruksikan untuk tetap melakukan penelusuran, agar didata kemudian dirapid test.

Masih kata Siti, ke-19 orang yang kontak hasil rapid testnya negatif reaktif, diimbau untuk tetap di rumah isolasi mandiri, memakai masker, mengkonsumsi makanan bergizi dan berimbang, sesering mungkin mencuci tangan, berolahraga sembari berdoa agar tetap sehat.(james/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles