13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Sempat Padam, Jaringan Listrik di Kepulauan Nias Kembali Pulih 

Medan, MISTAR.ID

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias memastikan jaringan dan pasokan listrik sudah bisa pulih kembali pasca cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara, sehingga mengganggu distribusi listrik.

Cuaca ekstrem melanda Kepulauan Nias, Jumat (5/11/21) yang meliputi Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan yang disebabkan angin kencang dan hujan lebat sehingga menyebabkan pohon tumbang. Kondisi ini juga mengakibatkan distribusi listrik menjadi terganggu.

Manager PLN UP3 Nias Hasudungan Siahaan, Sabtu (6/11/21) mengatakan, proses percepatan pemulihan pasca cuaca ekstrem tersebut berhasil dilakukan, dan pada pukul 21.25 WIB sistem kelistrikan Kepulauan Nias pulih 100%.

Baca Juga:PLN Pulihkan Suplai Listrik Pasca Cuaca Ekstrem di Pulau Nias

Dalam upaya percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias, PLN UP3 Nias mengerahkan tim siaga sebanyak 39 orang meliputi Pegawai dan Petugas Pelayanan Teknik (Yantek).

Langkah perbaikan melalui pemulihan 22 penyulang, 1.524 gardu dan melakukan penggantian tiang tumbang dengan konstruksi SC 1 (Double Net) dan konstruksi SC 5 (Double Net). Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat di tengah kondisi cuaca ekstrem saat ini untuk tetap waspada. Apabila melihat potensi bahaya ketenagalistrikan segera melapor melalui PLN Mobile atau Contact Center 123,” tambahnya.

Baca Juga:Sejumlah Jaringan Listrik di Nias Tertimpa Longsor dan Pohon

Terpisah, General Manager PLN UIW Sumatera Utara Pandapotan Manurung, mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Nias dan para Stakeholder yang turut mendukung percepatan pemulihan kondisi kelistrikan di Kepulauan Nias.

PLN terus berupaya menjaga kehandalan listrik kepada masyarakat di Kepulauan Nias, karena Pulau Nias merupakan salah satu daerah rawan bencana cuaca ekstrem.

“Selain itu kepada masyarakat agar tetap mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di Sumatera Utara. Apabila menemukan pohon yang mendekati jaringan listrik agar segera melapor kepada PLN setempat sehingga dapat meminimalisir penyebab gangguan yang disebabkan pohon tumbang, dan kejadian serupa tidak terulang kembali,” pesannya.(amsal/hm12)

Related Articles

Latest Articles