19.6 C
New York
Tuesday, May 28, 2024

Satuan Pam Obvit Polres Samosir Simulasi Pengamanan dan Pengawalan VIP

Samosir, MISTAR.ID

Satuan Pam Obvit Polres Samosir menggelar pelatihan penting yang bertujuan meningkatkan kemampuan dalam pengamanan dan pengawalan tamu-tamu VIP di Lapangan dan Mako Polres Samosir, Senin (2/10/23).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Pam Obvit Polres Samosir AKP Binnen Hutagalung, yang melibatkan semua personel Sat Pam Obvit Polres Samosir.

Dalam pelatihan ini, berbagai aspek penting dalam pengamanan dan pengawalan VIP dibahas secara mendalam. Mencakup arahan dari Komandan Pam VIP kepada personel pengamanan dan pengawalan, pemeriksaan alat pam VIP, tata cara pengawalan dan pengamanan, pemeriksaan badan tamu, evakuasi VIP, serta prosedur pengamanan VIP.

Tentunya, pelatihan ini menggunakan beragam peralatan bantu. Sebut saja 1 unit kendaraan roda untuk Voorijder, 1 unit kendaraan roda 4 sebagai pembawa VIP, 2 unit metal detector, 1 unit tray barang, 1 unit Security Gate/Walk Through Metal Detector, dan 3 unit Handy Talky (HT).

Baca juga: Siagakan di Objek Wisata, Kapolres Samosir Kerahkan Personil Sat Pam Obvit

Dalam simulasi pelatihan ini, personel Sat Pam Obvit memerankan berbagai peran, termasuk VIP, tamu berpakaian sipil, komandan PAM VIP, pengemudi, pengawal VIP, dan petugas pemeriksaan badan dan barang bawaan tamu di Security Gate/Walk Through Metal Detector.

Proses pemeriksaan tamu yang sangat teliti mencakup pengecekan barang bawaan yang diletakkan di tray dekat Security Gate/Walk Through Metal Detector.

Lokasi pelatihan yaitu mencakup Jalan Raya, Tempat Security Gate/Walk Through Metal Detector, Pintu/Gedung Pertemuan, Safe Exit Zone, dan Escape.

Baca juga: Hadapi Situasi Pemilu 2024, Polres Samosir Gladi Sispamkota

Saat dijumpai di ruang kerjanya, Kasat Pam Obvit Polres Samosir AKP Binnen Hutagalung menyampaikan bahwa Simulasi ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan personel untuk menghadapi situasi pengamanan dan pengawalan tamu VIP dengan profesional.

“Pelatihan akan rutin dilakukan setiap hari Senin. Fungsinya untuk menjaga keahlian personel Sat Pam Obvit dalam siap siaga menjaga keamanan Tamu VIP selama berada di wilayah Hukum Polres Samosir,” tutup AKP Binnen Hutagalung. (Pangihutan/hm20)

Related Articles

Latest Articles