15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Satgas Sidak Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok Jelang Nataru di Asahan

Asahan, MISTAR.ID
Satuan tugas (Satgas) ketahanan pangan bersama sejumlah perwakilan dinas terkait, melakukan Sidak terhadap sejumlah harga bahan pokok dan ketersediaan pangan jelang Natal dan Tahun Baru di Asahan, Selasa (20/12/22).

Bupati Asahan diwakili staf ahli bidang ekonomi juga ikut dalam inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional itu, bersama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Dari hasil pantauan tim diketahui, hingga saat ini tidak ada lonjakan harga yang signifikan dari beberapa kebutuhan pokok yang dijual di pasaran.

Beberapa bahan pokok masih dijual dengan harga yang relatif normal seperti harga daging ayam berkisar Rp24.000-Rp25.000 per kilogram, dan daging sapi Rp130.000 per kilogram.

Baca Juga:Sidak Kebutuhan Nataru di Pasar, Tim Satgas Pangan Temukan Kenaikan Harga Komoditi

Sementara, untuk beras premium berkisar Rp13.000 per kilogram, beras medium berkisar Rp11.000 per kilogram, minyak goreng Rp17.000 per liter, gula pasir berkisar Rp13.000-Rp14.000 per kilogram, dan telur ayam Rp53.000 per papan.

Kemudian, untuk bahan pokok lainnya juga masih relatif belum berubah seperti cabai merah dengan harga berkisar Rp40.000-Rp42.000 per kilogram, cabai kecil/rawit Rp50.000 per kilogram, bawang merah Rp36.000 per kilogram dan bawang putih Rp28.000 per kilogram.

Dalam keterangannya, Mohammad Azmy Ismail AP mengatakan, Sidak yang dilakukan kali ini ini merupakan instruksi Bupati Asahan untuk memantau kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru, atas instruksi Bupati Asahan.

Dia menambahkan, Sidak ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi kenaikan yang melonjak di luar batas, khususnya menyambut Nataru yang tinggal sebentar lagi.

Baca Juga:Kapolres Tanah Karo Sidak ke Klinik Pratama Polres

Dari hasil Sidak ini diketahui, bahwa kenaikan harga yang terjadi masih dalam batas kewajaran dan tidak begitu signifikan.

“Selain harga cabai dan bawang yang mengalami sedikit kenaikan, harga beras dan minyak goreng juga mengalami kenaikan, namun tidak terlalu signifikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Azmy juga menjelaskan, dari hasil peninjauan di gudang Bulog, ketersediaan bahan pokok masih aman. Ketersedian stok beras saat ini ada 200 ton, stok gula 5 ton dan stok minyak goreng 17 ton.(perdana/hm10)

Related Articles

Latest Articles